alexametrics

PNS Inspiratif dan PPT Pratama Teladan Jadi Inspirasi ASN Indonesia

Fabiola Febrinastri
PNS Inspiratif dan PPT Pratama Teladan Jadi Inspirasi ASN Indonesia
"Acara Malam Apresiasi Anugerah ASN 2018", di TVRI, Jakarta, Selasa (11/12/2018). (Dok: PANRB)

ASN dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Suara.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, berharap, Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Inspiratif bisa menginspirasi seluruh ASN di Tanah Air.

Dengan inovasi yang dimiliki dan bekerja di luar rutinitas, ASN dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

"Banyak hal yang bisa menginspirasi kita semua. Tadi kita telah lihat, ternyata ada ASN yang memberikan bimbingan bagi perangkat desa, sehingga mampu menyelamatkan uang negara hingga triliunan,” ujar Menteri Syafruddin, saat memberikan arahan dalam "Acara Malam Apresiasi Anugerah ASN 2018", di TVRI, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Ia menyatakan, ada inovasi yang diciptakan ASN di Indonesia dan dikenal, bahkan menjadi juara di kancah internasional, yakni Sistem EDAT dari Kabupaten Teluk Bintuni Papua Barat. Inovasi ini mampu menekan angka kematian akibat malaria.

Baca Juga: Tingkatkan Sosio Ekonomi Masyarakat, KemenPANRB Gandeng Kampus UI

“Kegigihan ASN bisa mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa dan negara," tuturnya.

Masih ada tanggapan dari masyarakat bahwa ASN kurang berkinerja, namun kenyataannya, banyak di antara mereka yang bekerja dengan totalitas yang tinggi, menciptakan karya hebat bahkan memberikan dampak yang luar biasa.

Anugerah ASN merupakan salah satu langkah untuk mendapatkan sosok ASN panutan, yaitu ASN yang telah menunjukkan kinerja dan prestasi kerja sangat baik, bahkan melampaui panggilan tugasnya. Ajang yang digelar Kementerian PANRB ini terdiri dari dua kategori, yakni kategori Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPT) Teladan dan kategori Pegawai Negeri Sipil (PNS) Inspiratif.

Untuk kategori PPT Pratama Teladan, mekanisme pengusulannya dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan/atau Pejabat Berwenang, sedangkan untuk kategori PNS Inspiratif, pengusulannya dilakukan oleh warga masyarakat melalui media sosial yakni instagram.

Dari usulan yang masuk, telah dipilih 10 nomine PPT Pratama Teladan dan 5 besar PNS Inspiratif, yang masing-masing dipilih tiga orang terbaik dari yang baik, atau best of the best berdasarkan penilaian objektif dewan juri.

Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmaja, berharap, para nomine dapat menjadi contoh untuk ASN lainnya.