Nyanyikan Indonesia Raya di Bioskop Dinilai Perkuat Bhinneka Tunggal Ika

Dwi Bowo Raharjo | Chyntia Sami Bhayangkara
Nyanyikan Indonesia Raya di Bioskop Dinilai Perkuat Bhinneka Tunggal Ika
Foto sepucuk surat berkop Kementerian Pemuda dan Olahraga serta diteken Menteri Imam Nahrawi, mengenai imbauan kepada pengunjung bioskop menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum menikmati pemutaran film, membuat heboh publik. [dok.Kemenpora]

Bos bioskop mendukung penuh imbauan yang sempat dikeluarkan Kemenpora.

Suara.com - Persatuan Film Keliling Indonesia (Perfiki) mendukung penuh imbauan yang dikeluarkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait diwajibkan bagi penonton menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pemutaran film di bioskop. Mereka menganggap hal tersebut mampu membangkitkan jiwa nasionalisme para penonton.

Ketua Perfiki Sonny P. Sasono mengatakan, film merupakan media propaganda kebudayaan. Oleh karena itu, pemutaran lagu Indonesia Raya sebelum film dimulai akan sangat efektif untuk dilakukan dan memberikan dampak positif yang besar.

"Itu gagasan yang sangat bagus mengingat film salah satunya berfungsi sebagai media propaganda kebudayaan selain sebagai tontonan," kata Sonny saat dihubungi Suara.com, Jumat (1/2/2019).

Dengan pemutaran lagu Indonesia Raya sebelum film dimulai, maka akan mengingatkan kembali para penonton mengenai makna perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan.

Selain itu, pemutaran lagu juga dinilai mampu memperkuat akar budaya dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Sehingga lebih menanamkan serta mengingatkan kepada segenap penontonnya bahwa tontonan apapun itu, menyadarkan penonton adalah bangsa Indonesia yang mempunyai akar budaya bangsa Bhinneka Tunggal Ika," ungkap Sonny.

Rencananya, Sonny pun akan segera mengumpulkan para anggota Perfiki untuk menindaklanjuti sosialisasi imbauan yang dikeluarkan Kemenpora. Nantinya, materi lagu pun akan disiapkan oleh Perfiki dan langsung didistribusikan kepada seluruh pengelola layar tancap yang ada di Indonesia.

"Segera akan kami bahas teknis penayangannya dan selanjutnya kami sebar luaskan kepada para anggota Perfiki berikut materi bahannya untuk penayangan lagu Indonesia Raya," pungkasnya.

Untuk informasi, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sempat mengeluarkan surat imbauan Nomor 1.30.1/Menpora/1/2019 tentang Aktivitas Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Sebelum Pemutaran Film. Dalam surat yang ditandatangani oleh Menteri Imam itu meminta kepada para pengelola bioskop untuk menayangkan lagu Indonesia Raya dan menyanyikannya bersama para penonton sebelum film dimulai.

Meski demikian, imbauan tersebut kekinian sudah dicabut oleh Kemenpora . Alasannya karena menimbulkan kegaduhan.

Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto menjelaskan imbauan Menpora Imam Nahrawi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum nonton bioskop dicabut karena menimbulkan kontroversi. Sehingga hari ini imbauan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum nonton bioskop itu dicabut.

"Betul sudah dicabut," kata Gatot saat dihubungi, Jumat (1/2/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS