Polisi Tolak Laporan Hasan Basri Terkait Propaganda Rusia

Dwi Bowo Raharjo | Walda Marison
Polisi Tolak Laporan Hasan Basri Terkait Propaganda Rusia
Ketua SIRI Hasan Basri melaporkan Jokowi ke Bareskrim Polri, Kamis (7/2/2019). [Suara.com/Walda Marison]

Meski laporan tak diterima polisi, Hasan sempat menyerahkan beberapa salinan bukti dugaan pelanggaran yang dilakukan Jokowi.

Suara.com - Ketua Umum Serikat Independen Rakyat Indonesia (SIRI), Hasan Basri batal melaporkan Calon Presiden nomor ururt 01 Joko Widodo atau Jokowi ke Polisi. Ini dikarenakan pihak Bareskrim Mabes Polri menolak laporan SIRI terkait pernyataan Jokowi soal propaganda Rusia.

"Kita disarankan terlebih dahulu untuk berkonsultasikan dalam laporan ini. Dari pihak dari sini sepertinya belum siap untukmenerima laporan kita," ujar Hasan di Bareskrim Mabes Polri, Kamis (7/2/2019).

Meski laporan tersebut belum diterima polisi, Hasan mengatakan pihaknya sempat menyerahkan beberapa salinan bukti dugaan pelanggaran yang dilakukan Jokowi. Ia berharap bukti itu bisa dipakai pihak kepolisian jika menindaklanjuti laporan tersebut.

"Jadi kita sudah berikan beberapa salinan untuk dilihat bahwasanya laporan kita ini harus ditindak lanjuti. Laporan pada pak Jokowi ini jangan sampai di abaikan karena ini akan menjadi perseturuan buruk di masyarakat," terangnya.

Hasan mengklaim akan kembali ke Bareskrim Polri untuk melaporkan Jokowi. Namun dirinya belum memastikan kapan laporan tersebut akan di layangkan kembali.

"kami berencanan untuk melapor lagi di hari berikutnya," tutupnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi menyindir soal propaganda Rusia yang tengah dipraktikkan dalam Pilpres 2019. Ia menyebut ada tim sukses yang tengah menjalani propaganda tersebut.

Propaganda Rusia sendiri merupakan teori propaganda dengan cara menyebarkan kebohongan sebanyak-banyaknya sehingga membuat masyarakat menjadi ragu menentukan pilihan.

"Problemnya, ada tim sukses yang menyiapkan sebuah propaganda Rusia. Setiap saat selalu mengeluarkan semburan fitnah. Setiap saat selalu mengeluarkan semburan dusta dan hoaks,” kata Jokowi saat bertemu dengan ribuan pendukungnya di pelataran Tugu Pahlawan, Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/2/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS