Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Prabowo Sebut Indonesia Pengimpor Air, Ternyata Ini Faktanya

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Prabowo Sebut Indonesia Pengimpor Air, Ternyata Ini Faktanya
Capres Prabowo Subianto usai debat capres kedua. (Suara.com/ Muhammad Yasir)

Menurut Prabowo, Indonesia berhasil kalau bisa memenuhi pangan untuk rakyat, energi, dan air tanpa impor

Suara.com - Debat calon presiden atau debat capres selalu menuai pro dan kontra di kalangan warganet. Baik itu pernyataan dari Capres Joko Widodo atau Jokowi maupun Capres Prabowo Subianto. Salah satu pernyataan Prabowo yang juga menuai pro dan kontra adalah perihal impor air yang dilakukan Indonesia.

"Indonesia berhasil kalau bisa memenuhi pangan untuk rakyat, energi, dan air tanpa impor," ujar Prabowo Subianto dalam debat capres kedua di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu (17/2/2019) malam.

Usai debat capres selesai, sejumlah akun media sosial ramai-ramai membahas soal pernyataan Prabowo soal impor air itu. Ada yang kaget tak percaya, ada juga yang menyebut memang benar adanya. Lantas bagaimana fakta sebenarnya?

Penjelasan:

Dari penelusuran Suara.com, memang benar Indonesia kerap melakukan impor air setiap tahunnya. Bahkan pada tahun 2017, jumlah impor air mencapai 3.168 ton (asumsi masa jenis air = 1kg/liter).

Walau demikian, harga air yang diimpor jauh lebih mahal ketimbang harga air yang diekspor. Adapun negara tujuan utama ekspor air Indonesia Timor Leste, Filipina, dan Singapura.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, dari rekaman data perdagangan luar negeri yang dikompilasi oleh UN Comtrade (sebuah lembaga PBB) menyebutkan, memang benar Indonesia melakukan impor air setiap tahunnya, setidaknya sejak 1989.

Sebagai catatan, UN Comtrade mencatat data perdagangan yang dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Artikel lengkapnya bisa dicek di sini. Sementara untuk data UN Comtrade bisa dicek di sini.

Bahkan berdasarkan pemberitaan di detik.com, Indonesia disebut sebagai negara pengimpor air terbesar ke-6 di dunia.

Hal itu berdasarkan catatan Kementerian Pekerjaan Umum bahwa Indonesia adalah importir air terbesar ke-6 di dunia. Pengimpor air di dunia adalah Pakistan dengan nilai impor 428,5 miliar meter kubik. Untuk artikel lengkapnya bisa dicek di sini.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS