Yogyakarta Banjir Diguyur Hujan Seharian

Pebriansyah Ariefana
Yogyakarta Banjir Diguyur Hujan Seharian
Ilustrasi banjir (Antara/Dimas B Prathama).

Daerah yang banjir adalah kecamatan Sewon, Pleret, Imogiri, Pandak, Kasihan, Pundong, Bantul, dan Jetis.

Suara.com - Yogyakarta banjir setelah diguyur hujan seharian, Minggu (17/3/2018). Kawasan yang paling parah banjir ada di Kabupaten Bantul.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Birawa Yusmantana mengatakan di antara daerah yang banjir adalah kecamatan Sewon, Pleret, Imogiri, Pandak, Kasihan, Pundong, Bantul, dan Jetis.

“Kronologinya terjadi hujan ringan hingga sedang merata di wilayah DIY dari pagi sampai sore hari, sehingga menyebabkan banjir di beberapa wilayah DIY,” kata Birawa melalui keterangan tertulis, Minggu malam.

Air sungai meluap, terutama di Sungai Bulus (Jetis, Bantul) dan Sungai Celeng (Imogiri, Bantul). Hal ini menyebabkan beberapa permukiman penduduk tergenang. Di Grogol VIII, Parangtritis, Kretek, Bantul, air masuk ke rumah warga hingga 30-60 centimeter. Perkampungan warga juga terendam banjir di Turi, Sumberagung, Jetis, Bantul.

Di Kantor Polsek Imogiri, banjir menggenang hingga 50 centimeter. Sementara di Sareyan, Karangtalun, Imogiri Bantul, luapan sungai celeng mencapai setinggi dada orang dewasa.

Sejumlah jembatan terputus, terutama di Sompok, Sriharjo, Imogiri, Bantul. Di Petung, Palbapang, Bantul, jembatan juga nyaris terputus. Jalan ambles terjadi di sekitar Jembatan Pentung, Pentung, Seloharjo, Pundong, Bantul.

“Memang di sana (Siluk) termasuk yang terdampak. Cuma kalau terkait jalan ambles saya belum bisa konfirmasi. Yang sudah jembatan siluk kretek itu rusak,” kata Birawa ketika dihubungi Suara.com.

Sebagian warga di Bulus, Sumberagung, Jetis, Bantul mulai mengungsi ke masjid. Begitu juga di Kradenan, Girirejo, Imogiri, Bantul. Sebagian warga masih belum dievakuasi. Sementara, di Dermojurang, Seloharjo, Pundong, Bantul, terjadi longsor dan hampir menimpa permukiman warga.

Tim BPBD, Satpol Airud Polda DIY, dan tim rescue masih belum bisa menjangkau lokasi tersebut. Sebagian warga melakukan evakuasi mandiri, terutama di Karangasem, Wukirsari, Imogiri, Bantul.

Sementara, genangan air juga terjadi di Jalan Ring Road Selatan, tepatnya daerah Panggungharjo, Sewon, Bantul. Sebagian pengendara sepeda motor terpaksa berhenti karena mesin motor mati.

Warga setempat, Krisna, mengatakan, hujan terus mengguyur sekitar tempat tinggalnya sejak Sabtu (16/3/2019) malam. Hujan sempat reda pada pagi hari, namun kembali deras pada malam hari.

“Ini sudah mulai agak surut. Tadi sejam lalu, sekitar pukul 20.15 WIB, sempat setinggi paha. Tapi sekarang hujannya deras lagi,” ujar dia.

Kontributor : Sri Handayani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS