Lewat Grup Medsos, Kerabat Prabowo Curi Data Nasabah dan Belajar Skimming

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Lewat Grup Medsos, Kerabat Prabowo Curi Data Nasabah dan Belajar Skimming
Ramyadjie Priambodo, tersangka kasus skimming saat menyamar jadi perempuan. (dok.polisi)

"Dia (Ramyadjie) ikut dalam komunitas itu, terus saling tukar menukar informasi data nasabah dan bagaimana cara skimming," singkat Argo.

Suara.com - Ramyadjie Priambodo, kerabat Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto ternyata turut bergabung dalam sebuah komunitas  di dunia maya. Alasan Ramyadjie masuk ke grup tersebut untuk bisa mendapatkan data-data nasabah yang diduga hasil dari aksi peretasan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan data para nasabah itu digunakan Ramyadjie untuk melancarkan aksi pembobolan uang para nasabah bank dengan cara skimming.

"(Mendapatkan data nasabah) dari black market di dalam internet. Dia ikut tergabung dalam suatu kelompok di sana," kata Argo di Polda Metro Jaya, Selasa (19/3/2019).

Namun, Argo tak menjelaskan nama grup yang ikuti Ramyadjie. Dia hanya menyampaikan, Ramyadjie mempelajari teknik skimming dan mendapatkan data-data rekening korban lewat grup tersebut.

"Dia (Ramyadjie) ikut dalam komunitas itu, terus saling tukar menukar informasi data nasabah dan bagaimana cara skimming," singkat Argo.

Kasus ini terungkap setelah polisi mendalami laporan kasus skimming pada tanggal 11 Februari 2018 lalu. Setelah dilakukan penyelidikan, polisi akhirnya meringkus Ramyadjie saat berada di sebuah apartemen di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan pada 26 Februari 2019.

Dari hasil pemeriksaan, Ramyadjie kerap menyamar sebagai wanita hijab saat melancarkan aksinya. Terungkapnya kasus ini, Ramyadjie ternyata sudah 50 kali menggasak uang nasabah bank lewat modus skimming. Polisi telah menyita barang bukti uang sebesar Rp 300 juta yang diduga merupakan hasil kejahatan yang dilakukan Ramyadjie

Polisi pun teleh menetapkan Ramyadjie sebagai tersangka dan telah ditahan di rumah tahanan Polda Metro Jaya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS