Mahfud MD: Pemerintah Menyadari Nilai-nilai Pancasila Sudah Ditinggalkan

Dwi Bowo Raharjo
Mahfud MD: Pemerintah Menyadari Nilai-nilai Pancasila Sudah Ditinggalkan
Eks Ketua MK Mahfud MD.sesuai menghadiri launching buku di kawasan Jaksel. (Suara.com/Chyntia S.B)

Mahfud minta agar pesta demokrasi di Pemilu 2019 menjadi pemersatu bangsa meski beda pilihan politik.

Suara.com - Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD menilai nilai-nilai Pancasila sudah mulai luntur akibat era globalisasi. Hal itu membuat sejumlah masyarakat Indonesia khawatir.

"Masyarakat saat ini ada kekhawatiran terhadap nilai-nilai Pancasila yang sudah mulai luntur," ujar Mahfud usai menjadi pembicara dalam Dialog Kebangsaan di Palembang, Rabu (20/3/2019).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menyebut pemerintah sudah merasakan nilai-nilai pancasila mulai ditinggalkan oleh sebagian masyarakat. Ia menilai nilai Pancasila perlu dibangkitkan lagi.

"Pemerintah memang sudah menyadari nilai-nilai Pancasila sudah ditinggalkan, sehingga Pancasila tersebut perlu dijadikan pelajaran bagi siswa lagi," katanya.

Pakar Hukum Tata Negara itu menjelaskan, pembelajaran Pancasila di tingkat sekolah akan ditingkatkan. Ia menyebut karena Pancasila merupakan asas berbangsa dan bernegara terutama dalam membangun bangsa.

"Bahkan berbagai lembaga untuk menghidupkan kembali Pancasila," kata dia.

Mahfud kemudian minta agar pesta demokrasi di Pemilu 2019 menjadi pemersatu bangsa meski beda pilihan politik.

"Pemilu jangan sampai memecah belah kesatuan dan persatuan karena pilihan boleh bedah tetapi bangsa harus tetap satu," kata dia. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS