Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Sutiyoso dan Adik Ahok Jadi Agen untuk Sabotase Kubu Prabowo?

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Sutiyoso dan Adik Ahok Jadi Agen untuk Sabotase Kubu Prabowo?
Layar tangkap adik Ahok Fifi Lety Bertemu Prabowo. [Instagram]

Sutiyoso dan adik Ahok disebut sebagai agen kubu 01 untuk menyusup ke kubu 02

Suara.com - Sebuah unggahan di Twitter dengan akun @IreneViena heboh di media sosial. Dalam unggahannya akun itu menyebut bahwa Sutiyoso dan adik mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Fifi Lety Tjahaja Purnama datang ke Hambalang.

Akun tersebut menyebut, Sutiyoso dan Fifi sebagai agen dari kubu 01 untuk melakukan penyusupan, pengacauan hingga sabotase ke pihak 02.

"Oh ya lupa, Kemarin pentolan jenderal merah, soetiyoso datang ke Hambalang ... mohon kubu 02 tingkatkan kewaspadaan. Jangan lengah.

Termasuk adik ahok.

Operasi penyusupan, pengacauan, sabotase dsj terhadap kubu 02 sedang gencar dilakukan agen2 01" cuit akun @IreneViena.

Benarkah klaim dalam akun Twitter itu?

Dari penelusuran tim Cek Fakta dengan membandingkan dengan laman online, salah satunya di laman RMOL dengan artikel berjudul "Disebut Dukung Prabowo, Sutiyoso: Ketemu Kebetulan Saja", Sutiyoso mengakui dirinya memang bertemu dengan Prabowo. Namun pertemuan itu bukan di Hambalang, melainkan di sebuah acara pameran foto binatang.

"Ada pameran foto-foto binatang oleh fotografer Belanda di Resto Kunstring. Saya diundang karena dikenal penggemar binatang, sementara PS (Prabowo Subianto) diundang karena salah satu fotonya kucing dia," jelas Sutiyoso saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (16/4).

Namun mantan gubernur DKI Jakarta itu enggan berkomentar disinggung bahwa dirinya mendukung paslon 02.

"Jadi kita ketemu kebetulan saja," kata dia.

Sementara adik Ahok, Fifi juga mengakui bertemu dengan Prabowo Subianto. Hal itu seperti diwartakan oleh CNN dengan artikelnya berjudul "Adik Kandung Ahok Temui Prabowo".

Dalam artikel itu, pertemuan Fifi dengan Prabowo diunggah oleh adik Ahok itu melalui media sosial Instagram miliknya @fifiletttjahajapurnama pada Senin (15/4).

"Bagi saya Beliau adalah pemimpin pilihan terbaik," kata Fifi.

Dalam foto itu terlihat Fifi yang mengenakan kemeja batik berwarna hitam dan celana krem duduk di samping Prabowo di atas sofa yang terpisah.

Saat itu, Prabowo mengenakan kemeja putih yang dipadu dengan dasi berwarna merah dan celana panjang hitam.

Di bagian keterangan foto, Fifi menyampaikan pesan yang mengajak masyarakat untuk tidak saling menuduh, mencaci maki, dan kembali membangun persaudaraan antaranak bangsa di masa tenang Pemilu 2019.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS