Cek Fakta

CEK FAKTA: Heboh Titik Soeharto Unggah Kemesraan Jokowi-Prabowo, Faktanya?

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Heboh Titik Soeharto Unggah Kemesraan Jokowi-Prabowo, Faktanya?
Unggahan di Instagram kebersamaan Jokowi dengan Prabowo. (Instagram / @titiksoeharto)

Selain itu, akun Instagram tersebut juga mengunggah kebersamaan Jokowi-Ma'ruf bersama Prabowo-Sandiaga tengah asyik menonton sepakbola

Suara.com - Masa pencoblosan Pemilu 2019 sudah 5 hari berlalu. Namun aura persaingan masih terasa antara dua kubu Capres-Cawapres. Seolah ingin suasana pemilu terus memanas, sebuah akun Instagram bernama @titiksoeharto mengunggah kebersamaan Capres Joko Widodo atau Jokowi dengan Capres Prabowo Subianto.

Dari penelusuran Suara.com, Senin (22/4/2019) pagi, akun tersebut diketahui bukan akun resmi Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Siti Hediati Harijadi atau Titiek Soeharto. Dalam keterangan di akun tersebut tertulis 'akun ini dikelola oleh penggemar mantan presiden Soeharto dan bu Titiek Soeharto'.

Meski demikian akun Instagram itu diketahui diikuti oleh 420 ribu lebih pengikut.

Akun Instagram @titiksoeharto. (Capture Instagram)
Akun Instagram @titiksoeharto. (Capture Instagram)

Dalam unggahan terbarunya di akun tersebut memperlihatkan dua unggahan foto kebersamaan antara Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi tengah berjabat tangan dengan Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto.

Dalam gambar sketsa itu, baik Jokowi maupun Prabowo tampak tersenyum lengkap dengan tulisan 'MENGERTI SATU SAMA LAIN'.

Dalam unggahannya, akun @titiksoeharto menulis 'Yang setuju Pemilu 2019 Jujur, Aman, Damai dan Bersih boleh like komen dan repost postingan ini'.

Kemudian di foto kedua tampak Paslon nomor urut 01, Jokowi - Ma'ruf Amin bersama Paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno seperti tengah menonton sepakbola lengkap mengenakan kaos timnas.

Unggahan foto di akun Instagram @titiksoeharto. (Capture Instagram)
Unggahan foto di akun Instagram @titiksoeharto. (Capture Instagram)

Dalam keterangan di unggahan di foto kedua itu tertulis:

"Sahabat sebangsa dan setanah air, Malam ini mari Kita ambil waktu sejenak untuk mendoakan negara kita tercinta, Indonesia.

Mari kita bersama-sama berdoa untuk:
- Proses Pemilihan Umum yang akan berlangsung besok, Rabu, 17 April 2019. Kiranya semua proses ini dapat berjalan dengan lancar, dan setiap warga negara yang tercantum sebagai pemilih dapat memilih dengan bijak.

- Keamanan negara ini selama dan pasca pemilu agar tetap kondusif. Untuk segenap aparat dan pihak-pihak lainnya yang terlibat menyelenggarakan jalannya pesta demokrasi ini, agar mereka dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. .
.
Mention teman kamu di kolom komentar. Mari kita berdoa bersama untuk Indonesia"

Meski bukan akun resmi milik Titiek Soeharto nyatanya dua unggahan itu menuai ribuan tanda suka dan komentar dari netizen.

"yang setuju Bu Titik jadi ibu negara like...Amin ya Allah.." tulis akun hans_pradhana.

"sama satu lagi sportif bu...siapapun yg menang hrs terima," tulis @tialoyal

"Prabowo presiden menang, ibu titiek rujuk menjadi ibu negara Aamiiin ya Allah...," tulis @kahfisyafullah di kolom komentar unggahan foto kedua.

Sementara di akun Instagram lain bernama @titieksoeharto disebutkan sebagai akun resmi dari mantan istri Capres Prabowo Subianto itu. Dalam keterangan di akun tersebut tertulis "akun resmi Siti Hediati Soeharto SE, putri Presiden RI kedua HM Soeharto, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya, Ketum Yayasan Seni Rupa Indonesia".

Unggahan Titiek Soeharto di akun Instagramnya @titieksoeharto. (Instagram / @titieksoeharto)
Unggahan Titiek Soeharto di akun Instagramnya @titieksoeharto. (Instagram / @titieksoeharto)

Dalam unggahan terkini di akun tersebut tidak ada foto seperti yang diunggah di akun Instagram @titiksoeharto sebelumnya. Unggahan terakhir di akun @titieksoeharto adalah sebuah video yang memperlihatkan Titiek Soeharto tengah menyanyi dengan diiringi seorang pemain gitar saat kampanye akbar Capres Prabowo Subianto di Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah pada 10 April 2019 lalu.

Selain video tersebut ada enam foto lain dalam unggahan tersebut. Foto-foto itu memperlihatkan kebersamaan Titiek Soeharto bersama sejumlah tokoh pendukung Prabowo Subianto seperti Neno Warisman, Amien Rais dan tokoh lainnya dengan latar belakang massa pendukung di Stadion Sriwedari Solo.

"10 April'19 - Solo, Kampanye Akbar Capres PS di Stadion Sriwedari Solo," tulis akun @titieksoeharto.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS