Muncul Petisi Tarif Tiket, Menhub: Setiap Malam Saya Pikirkan

Silfa Humairah Utami | Achmad Fauzi
Muncul Petisi Tarif Tiket, Menhub: Setiap Malam Saya Pikirkan
Ilustrasi petisi tarif tiket dikomentari Menhub. [shutterstock]

Ini komentar Menhub terkait petisi tarif tiket.

Suara.com - Muncul Petisi Tarif Tiket, Menhub: Setiap Malam Saya Pikirkan.

Tingginya harga tiket pesawat membuat geram sejumlah pihak. Sejumlah pihak terutama penumpang pesawat merasa tak terima dengan kenaikan tarif pesawat.

Bahkan, saking tak terimanya sejumlah pihak membuat petisi di situs Change.org dengan judul "Turunkan Harga Tiket Pesawat Domestik Indonesia" yang telah ditandatangani sekitar 1,06 juta orang.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut telah berusaha keras menangani kenaikan tarif tiket pesawat. Bahkan, Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini selalu memikirkan setiap malam terkait tingginya tarif tiket.

"Kalau mau dilihat semua pihak itu enggak selesai-selesai. Kita kan bicara berkaitan dengan rakyat banyak. Buktinya ada petisi itu dianggap saya enggak kerja, padahal setiap hari saya mikirin bagaimana cara menurunkan tiket itu," ujarnya saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/4/2019).

Menurut Budi, sebetulnya permasalan ini bisa dilakuan secara internal di Kementerian Perhubungan. Akan tetapi, sambung dia, karena sudah kisruh di masyarakat dan sebagai penyebab inflasi, maka ditangani oleh Menteri Koordinator Perekonomian.

"semua saya berharap ini ada suatu mekanisme yang dilakukan secara internal, supaya tidak ada seolah-oleh intervensi. tetapi arahannya Pak Menko karena, ini sudahh masif dan sudah banyak dirasakan oleh masyarakat kita harus mengambil kebijakan supaya kehadiran pemerintah itu terus ada," tutur dia.

Kendati demikian, saat ini Budi Karya tengah melakukan studi terkait dengan penurunan Tarif Batas Atas (TBA). Dalam studi ini Budi juga akan meminta pendapat oleh pemangku kepentingan mulai dari maskapai hingga ombudman.

"Jadi senin saya lapor, setelah disetujui baru kita lakukan (penurunan TBA)," tutup dia.

Usai muncul petisi tarif tiket, Menhub akan ambil tindakan, ia ungkapkan berusaha keras menangani kenaikan tarif tiket pesawat tersebut. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS