Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Kantor Kementerian Agama RI di Gresik Dikepalai Pendeta Markus?

Reza Gunadha
CEK FAKTA: Kantor Kementerian Agama RI di Gresik Dikepalai Pendeta Markus?
[Facebook]

Foto karangan bunga yang tersebar di media sosial itu benar adanya. Namun narasi tentang karangan bunga itu diberikan makna baru yang salah alias hoaks.

Suara.com - Tulisan tentang Kantor Kementerian Agama RI Gresik dipimpin oleh seorang seorang Kristen viral di media sosial.

Klaim yang diperiksa:

Sejumlah warganet di media sosial seperti Facebook, menyebar foto karangan bunga berisi ucapan selamat dari Pendeta Hendry Hariyono MTh dan Jemaat untuk Markus SPd MPd sebagai Kepala Kantor Kemenag Gresik.

"Selamat dan Sukses atas dilantiknya Kepala Kantor Kemenag Gresik. Tuhan YME Senantiasa Memberkati," demikian tulisan dalam karangan bunga tersebut.

Sementara oleh wargnet yang menyebarnya, seperti akun Facebook bernama Bang Yasir Arofat Aljambiy, dibubuhkan narasi bahwa Markus bukan orang Islam.

“Lihatlah kejahatan rezim ini pada umat Islam. Satu persatu orang kafir menguasai wilayah kaum Muslimin. Kepala Kantor Kemenag pun diisi oleh seorang pendeta.”

[Facebook]
[Facebook]
[Facebook]
[Facebook]

Fakta:

Kantor Kemenag RI Provinsi Jawa Timur sudah memberikan klarifikasi tentang narasi salah mengenai Markus tersebut.

Klarifikasi itu dipublikasikn Kanwil Kemenag Jatim melalui akun media sosialnya, Selasa (9/7/2019).

Berikut klarifikasinya:

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS