Melayat Pastor Adolf, Anies: Beliau Jadi Jendela Jakarta Bagi Dunia

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Melayat Pastor Adolf, Anies: Beliau Jadi Jendela Jakarta Bagi Dunia
Gubernur Anies Baswedan saat melayat ke rumah duka Pastor Adolf J. Heuken. (Suara.com/Fakhri).

"Bagi Jakarta khususnya, beliau telah menjadi jendela bagi dunia untuk mempelajari Jakarta," ujar Anies di lokasi, Jumat (26/7/2019).

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melayat Pastor Adolf J. Heuken yang wafat Kamis (26/7/2019), kemarin. Anies menganggap Adolf sebagai sosok yang menjadi jendela Jakarta bagi dunia.

Anies menghadiri proses pemakaman Adolf di Kapel Kolese Kanisius, Menteng Jakarta Pusat hari ini, Jumat (26/7/2019). Usai melayat, Anies menyebut Adolf telah banyak mencurahkan waktunya untuk Indonesia.

"Bagi Jakarta khususnya, beliau telah menjadi jendela bagi dunia untuk mempelajari Jakarta," ujar Anies di lokasi, Jumat (26/7/2019).

Menurut Anies, salah satu buku Adolf yang berjudul Historical Sites of Jakarta diminati oleh para turis yang datang ke Jakarta dan dijadikan sebagai oleh-oleh. Sebab, buku tersebut cocok bagi turis yang ingin mempelajari Jakarta.

"Karena buku ini seperti coffee table yang pantas diberikan sebagai hadiah," kata Anies.

Adolf disebut Anies juga berkontribusi dalam pembuatan kamus bahasa Indonesia-Jerman. Bahkan, sampai usia 90 tahun Adolf masih produktif berkarya menghasilkan berbagai buku.

"Jadi mudah-mudahan ini bisa mejadi inspirasi bagi orang banyak bahwa dia tidak pernah mengenal kata tua, karena muda-tua tetap saja menulis produktif," tutur Anies.

Anies lantas menghanturkan rasa terima kasih pasa Pastor yang lahir di Jerman dan sudah menjadi WNI itu. Menurutnya Jakarta menjadi lebih dikenal oleh dunia melalui karyanya.

"Jadi kami di Jakarta merasa bersyukur salah seorang warganya telah ikut mendorong Jakarta dikenal dunia," pungkas Anies.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS