Pendaftar Rumah DP 0 Punya Mobil Mewah, Anies: Tandanya Banyak Peminat

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Pendaftar Rumah DP 0 Punya Mobil Mewah, Anies: Tandanya Banyak Peminat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi kantor DPP Nasdem di Jalan RP Suroso, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019) siang. (Suara.com/Fakhri)

"Karena itulah kenapa kami menggunakan kriteria. Supaya program ini menyasar dan memfasilitasi yang sesuai kriteria tersebut," kata Anies.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menganggap program rumah DP 0 yang sedang dikerjakan diminati banyak warga. Bahkan orang yang mengikuti seleksi untuk memiliki rumah tersebut diketahui memiliki mobil mewah.

Menurut Anies, hal tersebut menandakan programnya diminati masyarakat dari berbagai golongan. Program rumah DP 0 tersebut saat ini sedang dalam tahap pengajuan permohonan kredit dan pemilihan unit.

"Ternyata yang punya mobil bagus pun berminat. Artinya minatnya cukup tinggi," ujar Anies di Gereja Kolese Kanisius, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019).

Namun menurut Anies para pemilik mobil mewah tersebut tidak langsung diterima begitu saja. Menurutnya nanti akan dilakuka pengecekan agar para pemilik rumah sesuai dengan kriteria.

"Karena itulah kenapa kami menggunakan kriteria. Supaya program ini menyasar dan memfasilitasi yang sesuai kriteria tersebut," kata Anies.

Ia menganggap penyimpangan tidak terjadi meskipun pemilik mobil mewah ikut meminati programnya tersebut. Menurutnya hal tersebut hanya menunjukan peminat rumah DP 0 tinggi.

"Bukan berarti lalu ada penyimpangan. Bahwa oh yang terima ternyata yang pemilik mobil mewah, tidak," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 1.790 warga DKI Jakarta berhasil lolos seleksi mengikuti program rumah DP 0 Rupiah. Program yang kerap digaungkan Anies saat kampanye itu telah memasuki tahap pengajuan permohonan kredit dan pemilihan unit.

Seleksi tersebut dilakukan untuk menyaring warga yang dianggap memenuhi syarat mengikuti program itu akan diundang untuk melengkapi berkas permohonan pengajuan kredit.

Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera Dzikran Kurniawan mengatakan total masyarakat yang mendaftar untuk program tersebut sebanyak 2.359 orang.

"Pada pendaftaran November 2018 lalu, telah mendaftar sebanyak 2.359 orang. Setelah proses seleksi dan verifikasi dokumen oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terdapat 1.790 orang yang memenuhi kriteria," ujar Dzikran dalam keterangan tertulis, Rabu (24/7/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS