Mengaku Jadi Satpol PP dan Peras Pedagang, BS Diciduk Polisi

Bangun Santoso | Yosea Arga Pramudita
Mengaku Jadi Satpol PP dan Peras Pedagang, BS Diciduk Polisi
Ilustrasi personel Satpol PP.

Tak hanya mengaku sebagai Satpol PP, BS juga terkadang mengaku sebagai anggota Linmas

Suara.com - Seorang pria berinsial BS (57) harus berurusan dengan polisi lantaran memeras pedagang dengan mengaku-ngaku sebagai anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Aksi ini ia lakukan di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Bermodal jadi anggota Satpol PP gadungan, BS meminta kepada sejumlah pedangang untuk menyerahkan sejumlah uang. Tak hanya mengaku sebagai anggota Satpol PP, BS kerap mengaku sebagai anggota Linmas.

"Dia (BS) mengaku anggota Linmas dan Satpol PP minta-minta uang ke warga," kata Kapolsek Metro Gambir, AKBP Johanes Kindangen saat dikonfirmasi, Selasa (6/8/2019).

Menurut Johanes, pria paruh baya tersebut merupakan mantan pekerja honorer di Kecamatan Gambir. Setiap kali beraksi, ia kerap membawa baju Satpol PP di dalam jok motornya.

Kekinian, atribut Satpol PP milik BS sudah disita polisi. Selain itu, polisi juga mendapati buku kas dari tangan BS.

"Beberapa anggota Satpol PP menegaskan dia bukan anggotanya. Saat diperiksa ada pula semacam buku kas untuk mencatat pemberian warga," sambungnya.

Aksi BS sendiri dilakukan di Jalan Sangaji, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2019) malam. BS meminta uang dengan alasan dalam rangka kegiatan 17 Agustus 2019 mendatang.

Namun uang tersebut dipakai untuk keperluan pribadinya. Biasanya, uang yang ditarik dari para pedagang sendiri berbeda-beda nominalnya.

"Seikhlasnya (jumlah uang yang dikasih ke BS) ," kata Johanes.

Saat ini, BS berada di Polsek Metro Gambir dan menjalani pemeriksaan intensif.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS