Ibu Kota Pindah, Penajam Paser Utara Jadi Trending Topic Twitter

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
Ibu Kota Pindah, Penajam Paser Utara Jadi Trending Topic Twitter
Presiden Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru

Warganet ramai menyebut Penajam Paser Utara dalam cuitannya.

Suara.com - Keputusaan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur oleh Presiden Joko Widodo (Widodo) menarik perhatian warganet.

Di jagat Twitter, ramai akun yang menuliskan tanggapan tentang pemindahan ibu kota.

Terlebih saat Presiden Jokowi mengumumkan lokasi pasti ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kartanegara.

Lokasi tersebut dipilih setelah pemerintah melakukan pengkajian mendalam selama beberapa tahun terakhir.

Hal itu diungkap presiden lewat penyataannya langsung di Istana Negara dan cuitan di akun Twitter @jokowi.

"Pada siang yang berbahagia ini, saya menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan kajian mendalam, terutama tiga tahun terakhir. Hasilnya, lokasi ibu kota baru paling ideal adalah Kalimantan Timur, sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara," cuit @jokowi.

Seketika Penajam Paser Utara pun mendapat sorotan dari warganet hingga menempati pencarian terpopuler alias trending topic Twitter.

Penajem Paser Utara jadi trending topic Twitter (Twitter)
Penajem Paser Utara jadi trending topic Twitter (Twitter)

Sejumlah warganet menuliskan ocehan tentang Penajam Paser Utara lewat berbagai penjelasan seperti yang dirangkum SUARA.com berikut ini.

"Alhamdulilah Presiden Jokowi mengumumkan letak Ibu Kota Negara Indonesia yang baru Penajam Paser dan Kukar jadi ibu kota baru di Kalimantan Timur," tulis @DiantyYasmin.

"Kabupaten Penajam Paser Utara (Kab. PPU). Kab. PPU terletak di wilayah provinsi Kalimantan Timur dan berbatasan dengan Kab. Kukar. Kabupaten ini bisa dibilang baru dan muda karena baru dikeluarkan Undang-undangnya pada tahun 2002," cuit @BudiSarap.

"Keputusan @jokowi memindahkan ibu kota ke Penajam Paser Utara & Kutai Kartanegara, itu keputusan yang fenomenal. Karena ini bukan hanya memindahkan sebuah kota tetapi juga mendobrak status quo politik yang menempatkan Jawa sebagai pusat kekuasaan. #IbuKotaBaru," terang @NanaAdelia5.

Senada dengan hal itu, tagar #IbuKotaBaru menempati urutan pertama trending topic Twitter pada Senin (26/8/2019) pukul 16.00 WIB .

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS