Jelang Dilantik, Rano Karno Incar Komisi X DPR RI

Bangun Santoso | Ria Rizki Nirmala Sari
Jelang Dilantik, Rano Karno Incar Komisi X DPR RI
Rano Karno (Sumarni/Suara.com)

Rano Karno mengincar Komisi X yang berkonsen dalam ruang lingkup pendidikan, olahraga, dan sejarah

Suara.com - Rano Karno terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024. Sebelum dilantik, ia mengincar kursi Komisi X.

Rano mengungkapkan bahwa seluruh anggota DPR RI telah mempersiapkan diri sebelum dilantik oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Belum lagi seluruh anggota DPR RI terpilih mendapatkan pemantapan ilmu dari Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

"Kita sudah mempersiapkan diri. Kemarin kita 10 baru sudah ikut Lemhanas pemantapan segala macem. Kemudian semalam juga pemantapan dari MPR," ungkap Rano di Gedung KK, Kompleks Parlemen, Selasa (1/10/2019).

Selain itu, Rano mengungkapkan keinginannya terkait dengan komisi. Ia mengincar Komisi X yang berkonsen dalam ruang lingkup pendidikan, olahraga, dan sejarah. Akan tetapi ia pun tidak memungkiri apabila nantinya harus menempati kursi komisi lain.

"Saya berharap di (komisi) X. Kebudayaan, pendidikan, olahraga. Tapi kalau ditempatkan di tempat lain ya siap," katanya.

Berdasarkan jadwal yang ada, acara pertama adalah pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota DPR RI yang dipimpin pimpinan sementara yang merupakan anggota DPR tertua dan termuda yaitu Abdul Wahab Dalimunthe dari Partai Demokrat dan Hillary Brigitta Lasut dari Partai Nasdem.

Lalu dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan anggota DPD RI yang dipimpin pimpinan sementara yang merupakan anggota DPD RI tertua dan termuda yaitu Sabam Sirait, mewakili DKI Jakarta dan Jialyka Maharani mewakili Sumatera Selatan.

Dilanjutkan dengan pengambilan sumpah/janji anggota MPR RI dipimpin pimpinan sementara.

Pengucapan sumpah/janji anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI dipandu Ketua MA yang akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Acara tersebut akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Acara tersebut juga dihadiri Ketua KPU Arief Budiman dan Komisioner KPU serta Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof Dr. M. Hatta Ali, SH, MH.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS