Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Logo Suara.com Dicatut untuk Sebar Artikel soal Megawati dan Prabowo

Reza Gunadha
Logo Suara.com Dicatut untuk Sebar Artikel soal Megawati dan Prabowo
[Facebook/Suaradotco]

Namun, Redaksi Suara.com tidak pernah memproduksi artikel berjudul "Secara Dejure, Megawati-Prabowo Presiden & Wapres 2019-2024".

Suara.com - Tautan artikel berjudul "Secara Dejure, Megawati-Prabowo Presiden & Wapres 2019-2024" viral di media sosial terutama Facebook, Senin (28/10/2019).

Artikel yang viral tersebut kali pertama disebar oleh akun Facebook bernama @fpsuaradotco atau Suaradotco.

[Facebook/Suaradotco]
[Facebook/Suaradotco]

Akun Facebook tersebut memakai lambang serupa dengan yang digunakan oleh laman media daring Suara.com.

Karenanya, banyak warganet mengira artikel tersebut diproduksi dan disebar oleh redaksi Suara.com.

[Facebook/Suaradotcom]
Bidik layar laman komunitas milik Suara.com di Facebook. [Facebook/Suaradotcom]

Namun, Redaksi Suara.com tidak pernah memproduksi artikel berjudul "Secara Dejure, Megawati-Prabowo Presiden & Wapres 2019-2024".

Ketika ditelusuri, tautan artikel yang disebar akun Facebook Suaradotco tersebut berasal dari laman bernaam idtoday.co.

Redaksi Suara.com menegaskan, laman idtoday.co yang tak disertai boks redaksi sebagai salah satu syarat media massa tersebut, bukan bagian dari PT Arkadia Digital Media.

[Idtoday.co]
[Idtoday.co]

Untuk diketahui, PT Arkadia Digital Media adalah perusahaan yang menaungi Suara.com.

Redaksi Suara.com menilai akun Facebook @fpsuaradotco atau Suaradotco telah merugikan nama baik jurnalis kami maupun publik.

Sebab, dengan menggunakan logo Suara.com, akun Facebook tersebut membuat disinformasi mengenai pihak yang memproduksi artikel berjudul "Secara Dejure, Megawati-Prabowo Presiden & Wapres 2019-2024".

Kekinian, akun Facebook @fpsuaradotco atau Suaradotco tersebut sudah tak lagi bisa diakses oleh publik. Sementara artikel di laman daring idtoday.co masih bisa diakses.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS