China Dukung Langkah Lebih Berani Mengatasi Kerusuhan Hong Kong

Reza Gunadha | Rifan Aditya
China Dukung Langkah Lebih Berani Mengatasi Kerusuhan Hong Kong
Pemimpin Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam saat menggelar konferensi pers terkait aksi demonstrasi dan rencana mogok massal. (Anthony WALLACE / AFP)

Wakil Perdana Menteri China Han Zheng bertemu pemimpin Hong Kong Carrie Lam pada Rabu (6/11/2019).

Suara.com - Wakil Perdana Menteri China, Han Zheng mendukung langkah-langkah yang lebih berani untuk mengatasi akar kerusuhan di Hong Kong. Pernyataan ini dikeluarkan Han pada Rabu (6/11/2019) saat bertemu dengan pemimpin Hong Kong, Carrie Lam.

Pertemuan Carrie Lam dan Han Zheng berlangsung di ruang pertemuan Diaoyutai State Guesthouse.

Dilansir dari Straitstimes pada Rabu, Han Zheng mengatakan bahwa protes anti-pemerintah merusak kerangka negara Hong Kong.

"Kami dengan tegas mendukung pemerintah Daerah Administratif Khusus untuk mengambil langkah-langkah yang lebih proaktif dan lebih efektif untuk menyelesaikan masalah sosial," ucap Han.

Masalah sosial yang dimaksud oleh Han termasuk tarif perumahan di kota yang tidak terjangkau.

Pertemuan Han dan Carrie Lam berlangsung beberapa jam setelah insiden penikaman yang menimpa anggota parlemen Beijing Junius Ho.

Seorang pria menikam dada Junius Ho dengan pisau dalam serangkaian serangan terhadap kandidat yang mengikuti pemilihan dewan distrik kota.

Baik kandidar pro-demokrasi dan pro-pendirian telah menjadi sasaran tindak kekerasan dan anarkisme ini. Pemungutan suara dewan distrik kota dilakukan pada 24 November.

Motif penikaman kuat dugaan dipicu oleh video viral Junius Ho yang tampak tertawa dan berjabat tangan dengan tersangka anggota geng triad yang menyerang demonstran anti-pemerintah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS