Habib Rizieq Tunjukkan Bukti Dirinya Dicekal karena Alasan Keamanan

Rendy Adrikni Sadikin | Rifan Aditya
Habib Rizieq Tunjukkan Bukti Dirinya Dicekal karena Alasan Keamanan
Habib Rizieq menunjukkan bukti surat pencekalan dirinya karena alasan keamanan (Screenshot Youtube FRONT TV)

Habib Rizieq yang berada di kota Mekkah terus berupaya agar cekalnya dicabut oleh pemerintah Saudi.

Suara.com - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab menunjukkan bukti surat pencekalan dirinya dari pemerintah Saudi atas permintaan pemerintah Indonesia. Ia juga mengatakan masih terus berupaya agar cekal itu dicabut.

Bukti ini disampaikan oleh Habib Rizieq melalui video di kanal Youtube FRONT TV yang diunggah pada Jumat (8/11/2019).

Melalui video berjudul "SAMBUTAN HABIB RIZIEQ SYIHAB PADA ACARA MAULID NABI MUHAMMAD SAW DPP FPI", Habib Rizieq menyebut bahwa dirinya sudah dicekal lebih dari satu tahun.

"Saya sampaikan sekali lagi kepada seluruh bangsa Indonesia, kepada seluruh sahabat bahwa sejak satu tahun 7 bulan yang lalu tepatnya sejak tanggal 1 Syawal 1439, saya dicekal oleh pemerintah Saudi atas permintaan pemerintah Indonesia," ucap Habib Rizieq.

Saat ini Habib Rizieq yang berada di kota Mekkah masih terus berupaya agar cekalnya dicabut oleh pemerintah Saudi.

"Alasan mereka untuk menjaga keamanan saya. Karena mereka juga melihat tentang fenomena perpolitikan yang ada di seluruh dunia termasuk yang terjadi di Tanah Air," imbuhnya.

Berdasarkan penjelasannya, pemerintah Saudi siap mencabut cekal tersebut asal ada jaminan dari pihak Indonesia bahwa kepulangan Habib Rizieq berlangsung aman dan tenang.

"Jadi pemerintah Indonesia tidak usah berpura-pua tidak mengetahui cekal ini karena pemerintah Indonesia yang meminta saya untuk dicekal karena alasan politik, karena saya diinginkan oleh pemerintah Indonesia untuk tidak hadir di tengah masyarakat Indonesia pada saat digelar Pilpres 2019," kata Habib Rizieq.

Habib Rizieq menunjukkan bukti surat pencekalan dirinya karena alasan keamanan (Screenshot Youtube FRONT TV)
Habib Rizieq menunjukkan bukti surat pencekalan dirinya karena alasan keamanan (Screenshot Youtube FRONT TV)

Ia lantas menunjukkan bukti surat bahwa dirinya dicekal.

Habib Rizieq membeberkan bukti ini karena ia merasa ada oknum pejabat di Indonesia yang menyebut dirinya bisa pulang ke Tanah Air kapan saja. Ia memperlihatkan dua lembar kertas.

"Saya tunjukkan yang pertama, ini adalah surat yang berisi tentang visa saya. Ini lembaran yang menerangkan tentang persoalan masa berlaku saya punya visa," Habib Rizieq menjelaskan.

"Kemudian lembaran yang satu lagi, ini adalah lembaran yang menerangkan bahwa saya dicekal," imbuhnya.

Sambil melihat surat itu, Habib Rizieq mengatakan bahwa dia dicekal sejak tanggal 1 Syawal 1439 H. Di tulis dalam surat itu Habib Rizieq dilarang keluar atau bepergian keluar dari Arab Saudi

"Bahkan di sini dituliskan sebabnya adalah asbab 'amnia, karena alasan keamanan. Jadi saya dicekal di sini bukan karena bukan karena saya melakukan pelanggaran keimigrasian, bukan saya melakukan pelanggaran pidana atau perdata, tidak hanya karena alasan keamanan," kata Habib Rizieq.

Ia kembali menegaskan bahwa ada pihak yang takut dirinya pulang ke Indonesia.

"Tidak, bukan saya yang takut untuk pulang, tapi ada pihak yang takut saya pulang. Mereka takut kalau saya pulang, mereka tidak bisa curang dalam pemilu, mereka tidak bisa melakukan aneka ragam rekayasa dalam pemilu, mereka takut saya ini jadi ancaman untuk kemenangan mereka," ucap Habib Rizieq dengan tegas.

Habib Rizieq pun berharap dirinya bisa segara pulang ke Tanah Air dan ikut dalam acara Reuni 212.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS