Aksi Pemuda Pademangan, Sulap Coretan Vandalisme jadi Mural Sarat Pesan

Bangun Santoso | Stephanus Aranditio
Aksi Pemuda Pademangan, Sulap Coretan Vandalisme jadi Mural Sarat Pesan
Para pemuda di Pademangan Timur, Jakarta Utara menyulap dinding penuh coretan vandalisme menjadi mural indah bertema pendidikan. (Suara.com/Stephanus Aranditio)

Dinding-dinding penuh coretan vandalisme itu kini berubah menjadi mural indah dengan tema pendidikan

Suara.com - Suasana tampak berbeda setiap akhir pekan di Kelurahan Pademangan Timur, Jakarta Utara. Warga tampak antusias melihat Jalan Pademangan Timur II yang kini telah dihiasi mural bertema pendidikan di setiap dinding jalanan.

Di sepanjang jalan itu, dinding yang tadinya hanya berwarna abu-abu polos dan penuh coretan vandalisme, kini berubah usai 'disulap' oleh sekelompok pemuda asli Pademangan Timur menjadi coretan yang mempunyai nilai seni sarat pesan pendidikan.

Tembok-tembok kotor coretan vandalisme itu kini berubah menjadi mural bertema pendidikan. Mulai dari tokoh-tokoh nasional, hitungan matematika, peta Indonesia, pesan sosial, hingga huruf hijaiyah untuk pendidikan agama.

Lukisan-lukisan itu menarik perhatian banyak warga, beberapa dari mereka terlihat sibuk mengabadikan momen dengan berfoto, anak-anak juga tampak membaca lukisan tersebut sambil belajar.

Adalah Kiming dan kelima rekannya yang melakukan hal itu, tembok pertama yang ia lukis di wilayahnya berada di Jalan Pademangan II RT 13 RW 003, tepatnya di tembok sisi kanan SDN Pademangan Timur 01.

"Kami sudah mulai sejak tanggal 5 November kemarin, yang pertama itu yang gambar yang merah di tengah, ini udah dua minggu, sudah sepanjang ini, sedikit lagi sampai ujung gang sana," kata Kiming saat ditemui Suara.com, Minggu (17/11/2019).

Kiming mengaku ia bersama lima orang rekannya yang juga warga Pademangan Timur melakukan hal itu demi menyalurkan bakat kreatifitasnya ketimbang melakukan vandalisme yang menganggu pemandangan.

"Ya daripada coret-coret pakai pylox enggak jelas nulis apa, mending melukis begini, lebih kreatif, ini dekat SD juga, anak-anak biar cerdas," ucapnya.

Dia juga mengajak anak muda lainnya di berbagai tempat untuk bergabung melukis di Pademangan Timur atau mengikuti jejaknya menyalurkan hobi di tempat masing-masing.

Gerakan Kiming ini digerakkan oleh Lurah Pademangan Timur, M Bambang Mulyanto yang mengaku juga memiliki visi yang sama dengan Kiming cs.

"Saya sebenarnya juga punya ketertarikan dengan seni, ketemu mereka, saya lanjutkanlah tembok-tembok warga," kata Bambang di lokasi, Minggu (17/11/2019).

"Kami coba memberikan gambar-gambar yang bisa dijadikan acuan anak-anak untuk bermain sambil belajar di lingkungan tempat tinggalnya," katanya.

Menurut Bambang, kegiatan ini sudah mendapatkan restu dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mendapat respon sangat positif dari warga serta berdampak baik untuk anak-anak.

"Kita sesuai perintah atasan saja, Pak Gubernur bilang boleh lanjutkan yasudah kita bantu, warga juga swadaya bantu-bantu beli cat, ngasih kopi, teh, buat kerja, saya bantu izin-izin saja ke RT-RW," jelasnya.

Kegiatan ini hanya dilakukan ketika akhir pekan saja, untuk mengisi kekosongan dan menyalurkan hobi secara positif.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS