Pengendara Diimbau Tak Ngebut di Tol Cipali saat Libur Natal dan Tahun Baru

Dwi Bowo Raharjo
Pengendara Diimbau Tak Ngebut di Tol Cipali saat Libur Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi Gerbang tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Subang, Jawa Barat, Selasa (16/6). [Antara]

"Batas kecepatan di jalan Tol Cipali itu 100 kilometer per jam."

Suara.com - Pengelola Jalan Tol Cikopo - Palimanan atau Cipali mengimbau agar pengendara tidak terbuai untuk memacukan kendarannya lebih cepat alias ngebut saat melintasi jalan Tol Cipali. Imbauan ini disampaikan untuk mengurangi penyebab kecelakaan di jalan tol yang diakibatkan pengendara ngebut.

"Batas kecepatan di jalan Tol Cipali itu 100 kilometer per jam," kata Direktur Operasi PT Lintas Marga Sedaya Agung Prasetyo, saat konferensi pers menghadapi libur Natal dan Tahun Baru, di Subang, Kamis (13/12/2019).

Agung menuturkan, selama ini kecelakaan yang terjadi di jalan Tol Cipali ialah "tabrak belakang". Kondisi itu terjadi akibat pengendara terlalu cepat memacu kendaraannya, sampai tidak bisa mengendalikan kendaraannya.

Ia menyebut kondisi tanah jalan Tol Cipali tidak seluruhnya stabil. Ada yang labil sehingga jalannya bergelombang. Hal tersebut berbahaya jika pengendara terlalu cepat memacu kendaraannya.

Menurutnya kebanyakan jalan yang lurus dan sepi banyak pada pengendara yang terbuai untuk ngebut saat melintasi jalan Tol Cipali.

Pada musim libur Natal dan Tahun Baru, pengelola Jalan Tol Cipali menyarankan agar para pengendara tidak mengandalkan pengisian saldo e-Toll di rest area pada musim libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Kalau memungkinkan, pengguna jalan tol tidak membeli e-Toll di rest area. Saya menyarankan agar sebelum masuk tol, dipersiapkan dulu saldo e-Toll nya," kata CEO Toll Road Business Group Astra Infra Krist Ade Sudiyono.

Ia mengatakan, sebelum berangkat berlibur biasanya dilakukan pengecekan kendaraan. Dalam tahap persiapan itu, masyarakat diimbau juga mengecek saldo e-Toll. Sehingga dalam perjalanan tidak harus mencari tempat pengisian saldo e-Toll.

Menurut dia, di beberapa titik rest area jalan Tol Cipali memang telah disediakan pengisian saldo e-Toll. Tetapi alangkah baiknya jika pengguna jalan sudah mengisi saldo e-Toll nya sebelum masuk jalan tol.

"Jika saldo e-Toll sudah tersedia sebelum masuk tol, tentu akan memperlancar perjalanan," kata dia. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS