Lukisan Berumur Satu Abad Ditemukan Setelah 20 Tahun Hilang Dicuri

Bangun Santoso
Lukisan Berumur Satu Abad Ditemukan Setelah 20 Tahun Hilang Dicuri
Polisi berdiri di dekat sebuah lukisan "Portrait of a Woman" karya pelukis Austria Gustav Klimt. Lukisan tersebut ditemukan setelah dicuri lebih dari 20 tahun. (Foto: AFP/Polizia di Stato/Kepolisian Italia)

Lukisan berusia seabad itu ditemukan tersembunyi di dinding luar oleh tukang kebun di Sanggar Seni Modern Ricci Oddi di Piacenza, Italia

Suara.com - Sebuah lukisan yang ditemukan di dalam dinding sebuah museum Italia telah dipastikan sebagai lukisan "Portrait of a Lady" karya Gustav Klimt dari Austria yang dicuri, kata jaksa penuntut, Jumat (17/1). Karya seni itu hilang 20 tahun lalu.

Lukisan berusia seabad itu ditemukan tersembunyi di dinding luar oleh tukang kebun di Sanggar Seni Modern Ricci Oddi di Piacenza, timur laut Italia, bulan lalu.

Museum memperkirakan, karya ekspresionisme yang berukuran 55 kali 65 sentimeter itu bisa bernilai antara 60 sampai 100 juta Euro (AS$ 67-111 juta), namun karena sulit menaksir harganya, maka lukisan itu tidak pernah dijual di pasaran.

"Karya itu asli," kata jaksa Ornella Chicca kepada wartawan.

Pejabat Museum awalnya mengatakan, mereka tidak dapat segera menentukan apakah lukisan itu sebenarnya karya Klimt yang dicuri sampai tes ilmiah dilakukan.

Dilukis pada tahun 1916-1917, karya ekspresionisme itu menggambarkan wajah dan dada seorang wanita muda dengan rambut coklat, dengan latar belakang hijau zamrud.

Sumber: VOA Indonesia

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS