Resmikan Runway 3 Bandara Soetta, Jokowi: Kami Harapkan Semua Layanan Baik

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Resmikan Runway 3 Bandara Soetta, Jokowi: Kami Harapkan Semua Layanan Baik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan landasan pacu alias runway 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (23/1/2020). (Suara.com/Ummi Saleh)

Jokowi juga meresmikan east connection taxiway yang menghubungkan runway selatan dan runway utara serta gedung VIP Bandara Soetta.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan landasan pacu alias runway 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (23/1/2020). Dalam kesempatan ini Jokowi juga meresmikan east connection taxiway yang menghubungkan runway selatan dan runway utara serta gedung VIP Bandara Soetta.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim dengan memohon ridho dan rahmat Allah SWT. Pada sore hari ini saya resmikan runway 3, east cross connection taxi way, terminal, dan gedung VIP Bandara Internasional Soekarno-Hatta," ujar Jokowi saat meresmikan, Kamis (23/1/2020).

Dengan adanya runway 3, Jokowi berharap semua layanan Bandara Soekarno-Hatta menjadi lebih baik.

"Setelah terminal 3 selesai, kemudian runway 3 juga selesai, kemudian east connection taxi way selesai, ditambah fasilitas VIP bandara juga selesai, kita harapkan semua layanan menjadi lebih baik," ucap dia.

Untuk diketahui, Bandara Soekarno-Hatta memiliki tiga landas pacu (runway) yaitu Runway 1 yang terletak di Selatan serta Runway 2 dan Runway 3 di Utara.

Landasan pacu ke-3 Bandara Soetta yang sudah beroperasi sejak akhir tahun lalu, dibangun untuk meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat yang sudah sangat tinggi di Bandara tersebut.

Dengan adanya runway ke-3 yang berukuran 3000 x 60 meter ini, pergerakan pesawat di Bandara Soetta tercatat meningkat dari semula 81 pergerakan pesawat per jam menjadi 114 pergerakan pesawat per jam baik lepas landas (take off) maupun pendaratan (landing).

Selain itu, tercatat pula pergerakan pesawat dari runway selatan menuju runway utara yang semula membutuhkan waktu 30 menit sekarang hanya 7 menit.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS