Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Cairan Dettol Antiseptik Bisa Membunuh Virus Corona?

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
CEK FAKTA: Benarkah Cairan Dettol Antiseptik Bisa Membunuh Virus Corona?
Dettol antiseptik disebut bisa basmi virus corona. (turnbackhoax.id)

"Khawatir tertular virus corona? Ambilah sebotol dettol," tulis warganet.

Suara.com - Konten yang mengklaim cairan Dettol Antiseptik bisa membunuh virus corona beredar di media sosial. Informasi tersebut seketika menggemparkan khalayak dunia di tengah wabah virus corona.

Salah satunya dibagikan oleh akun Facebook Jade Wild pada 28 Januari 2020. Ia membagikan foto bagian belakang kemasan Dettol Antiseptik yang menunjukkan tulisan "Cold virus (Human Coronavirus anda RSV).

Foto itu lantas disertai narasi yang berbunyi seperti berikut.

Worried about contracting coronavirus? Get ya self a bottle of dettol. A very drunk Richar Wild discovered this last night (Khawatir tertular virus corona? Ambilah sebotol dettol. Pemabuk menemukan ini tadi malam --Red)

Dettol antiseptik disebut bisa basmi virus corona. (turnbackhoax.id)
Dettol antiseptik disebut bisa basmi virus corona. (turnbackhoax.id)

Lantas benarkah cairan Dettol Antiseptik dapat membunuh virus corona?

Penjelasan

Hasil penelusuran turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, unggahan tersebut tidak benar. Hal itu didasarkan oleh pendapat sejumlah ahli.

Memang benar kemasan Dettol Antiseptik menunjukkan salah satu keuntungan produk yakni membunuh virus corona karena mengandung bahan aktif chloroxylenol. Namun, strain virus tersebut beda dengan virus corona yang muncul di Wuhan, China.

Virus corona yang kekinian mewabah berjenis 2019 n-CoV. Seusai namanya, virus tersebut baru diidentifikasi pada akhir 2019 lalu.

Dikutip dari laman Daily Mail, seorang peneliti senior dari University of Southampton, Michael Head menegaskan belum pernah dilakukan uji klinis mengenai Dettol bisa membunuh virus corona.

"Saya rasa Dettol belum pernah diujicobakan langsung untuk mengatasi 2019-nCoV. Dan yang diklaim oleh pihak pabrikan, adalah benefitnya untuk membunuh berbagai jenis mikroba. Bukan secara spesifik menyebutkan 2019 n-CoV," ungkapnya.

Dettol antiseptik disebut bisa basmi virus corona. (turnbackhoax.id)
Dettol antiseptik disebut bisa basmi virus corona. (turnbackhoax.id)

Senada dengan hal itu, pakar lain Jonathan Stoye dari Francis Crick Institute mengatakan bahwa virus corona yang disebutkan dalam kemasan Dettol harus diperjelas jenisnya. Virus itu umumnya dikaitkan dengan gejala flu biasa.

"Virus yang ditemukan di Wuhan ini, adalah salah satu jenis dari beberapa jenis virus corona," ucapnya.

Lebih lanjut, Produsen Dettol RB pun telah mengklarifikasi pihaknya tidak pernah mengelurkan pernyataan Dettol Antiseptik mampu menangkal 2019 n-CoV.

Kesimpulan

Unggahan Dettol Antiseptik bisa membunuh virus corona palsu lantaran memuat informasi menyesatkan. Unggahan tersebut masuk dalam kategori Misleading Content.

Faktanya, salah satu khasiat Dettol mampu membasmi virus corona namun bukan yang berjenis 2019 n-CoV, seperti yang muncul di Wuhan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS