Persiapan Lintasan Balap Formula E, Sebagian Cobblestone Monas Diaspal

Madinah | Fakhri Fuadi Muflih
Persiapan Lintasan Balap Formula E, Sebagian Cobblestone Monas Diaspal
Seorang pengunjung mengambil gambar aspal uji coba lintasan Formula E di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (22/2). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Deputy Director Communications Formula E PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Hilbram Dunar mengatakan pengaspalan yang dilakukan pada Jumat (21/2/2020) malam hanya sementara.

Suara.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berbenah dan mulai melakukan berbagai persiapan jelang ajang balap mobil Formula E. Pengaspalan dilakukan untuk membuat lintasan balap.

Pantauan Suara.com di lokasi, pengaspalan cobblestone dilakukan di dekat pintu timur Monumen Nasional (Monas), atau sekitar 150 meter dari pintu masuk.

Bagian yang diaspal baru sedikit. Panjangnya hanya sekitar 15 meter dengan lebar 4 meter. Pengaspalan dilakukan tepat di atas batuan cobblestone yang dijadikan alas di pelataran Monas selama ini.

Sebelum diaspal, tampak kain furin putih digunakan sebagai dasar. Setengah bagiannya juga diaspal lebih dari sekali. Ini bisa dilihat dari bagian yang lebih tinggi dari bagian lainnya.

Deputy Director Communications Formula E PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Hilbram Dunar mengatakan pengaspalan yang dilakukan pada Jumat (21/2/2020) malam ini hanya bersifat sementara. Pihaknya tengah melakukan uji coba persiapan lintasan.

Ada dua jenis aspal yang diuji coba, yakni geotextilt dan sandsheet. Pihaknya ingin mengetahui mana jenis yang cocok untuk balapan 6 Juni nanti.

"Semalam adalah uji coba pengaspalan dengan dua metode, satu sandsheet, dua geotextile," ujar Hilbram saat dihubungi, Sabtu (22/2/2020).

Ditambahkan Hilbram, rencananya lintasan yang diaspal ini akan dikembalikan ke semula. Dari dua jenis ini juga akan ditentukan mana yang lebih baik jika harus dikembalikan.

"Untuk menentukan mana yang paling efektif apabila nanti dikembalikan ke cobblestone," jelasnya.

Uji coba ini sedianya akan berlangsung hingga 26 Februari mendatang. Seteah itu, pihaknya akan mengkaji kembali hasil uji coba tersebut.

"Seteleh direview mana yang paling efisien akan mulai dilakulan pengaspalan," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS