Ditanya Soal Disinfektan, Prabowo: Terpenting Rajin Mandi, Cuci Pakai Sabun

Agung Sandy Lesmana | Ria Rizki Nirmala Sari
Ditanya Soal Disinfektan, Prabowo: Terpenting Rajin Mandi, Cuci Pakai Sabun
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memberikan sambutan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (21/3/2020). (ANTARA/HO-Humas Kemhan)

Dia mengimbau untuk tidak bepergian atau malah berlibur ke pantai.

Suara.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berpesan agar masyarakat menjaga kebersihan tubuh guna mencegah penyebaran virus Corona alias COVID-19. 

Pesan itu disampaikan Prabowo lewat live streaming yang disiarkan di akun Facebook milik Dahnil Anzar Simanjuntak, Senin (23/3/2020). Prabowo menyampaikan hal saat ditanya awak media terkait ketersediaan cairan disinfektan yang dimiliki Kemenhan. 

Prabowo mengaku tidak hapal ada berapa jumlah yang tersedia. Namun menurutnya, ada yang lebih penting ketimbang disinfektan, yakni kesadaran masyarakat akan menjaga kesehatannya masing-masing.

"Jangan tergantung dengan itu. Utamanya menjaga diri masing-masing. Sering mandi, sering cuci. Pakai sabun. Jaga jarak sebetulnya, ya," kata Prabowo melalui live streaming yang disiarkan di Facebook milik Dahnil Anzar Simanjuntak, Senin (23/3/2020).

Ketua Umum Partai Gerindra ini juga mengimbau agar warg bisa memanfaatkan kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) serta belajar dari rumah dengan bijaksana. Demi mempersempit penyebaran virus Corona, Prabowo meminta masyarakat untuk tidak bepergian bahkan liburan di tengah mewabahnya Covid-19.

Dia mengimbau untuk tidak bepergian atau malah berlibur ke pantai.

"Terutama diajak atau diimbau untuk kerja dari rumah, ya, di rumah. Bukan libur ke pantai," ucapnya.

Prabowo juga memberi masukan khususnya kepada orang tua yang memiliki anak dengan kebijakan belajar dari rumah. Menurutnya para orang tua bisa menyampaikan kepada sang anak bukan tengah liburan.

Ia menegaskan kalau upaya tersebut bukan bermaksud untuk menjadi otoriter. Namun kata dia, imbauan agak keras itu dilakukan agar Covid-19 tidak semakin menyebar luas.

"Hal semacam ini membantu. Kami tidak mau otoriter. Banyak negara lain sangat keras, di Indonesia ini ingin kesadaran, self protection," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS