Kenang Sudjiatmi, JK: Selalu Doakan Pak Jokowi Walau Tak Muncul di Publik

M. Reza Sulaiman | Ria Rizki Nirmala Sari
Kenang Sudjiatmi, JK: Selalu Doakan Pak Jokowi Walau Tak Muncul di Publik
Presiden Jokowi bersama Mantan Wapres Jusuf Kalla di Istana Negara, Jakarta. [Foto Rusman - Biro Pers Setpres]

JK bercerita kalau mendiang Sudjiatmi selalu hadir dalam acara-acara kampanye untuk mendukung Jokowi, namun memilih di belakang layar.

Suara.com - Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo, meninggal dunia di Solo, Rabu (25/3/2020). Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) mengenang sosok Sudjiatmi yang mendukung penuh kala Jokowi ikut Pilpres 2014 namun enggan tampil di publik.

JK sempat menyampaikan belasungkawa atas kepergian Sudjiatmi yang menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Tentara Slamet Riyadi atau RS DKT Solo pada pukul 16.45 WIB.

Setelah itu JK bercerita kalau mendiang Sudjiatmi selalu hadir dalam acara-acara kampanye untuk mendukung Jokowi. Namun kata JK, Sudjiatmi lebih memilih untuk diam di belakang panggung.

"Malah waktu awal kampanye saja beliau yang hadir untuk mendukung, mendoakan pak Jokowi walaupun tidak pernah mau muncul di publik," kata JK dalam siaran langsung Kompas TV, Rabu (25/3/2020).

Padahal kata JK, Sudjiatmi selalu mendoakan dan memberikan dorongan yang terbaik bagi sang putera untuk bisa menjadi orang nomor satu di Indonesia. Tapi lagi-lagi, Sudjiatmi lebih memilih untuk menunggu bersama istri JK, Mufidah Jusuf Kalla di belakang panggung.

JK tidak memiliki rencana untuk melayat langsung ke Solo. Hal tersebut dikarenakan tengah adanya pandemi virus Corona (Covid-19) yang melanda tanah air. Sehingga JK memilih untuk mendoakan dari jauh.

"Seperti tadi disampaikan bahwa dalam situasi seperti ini berkumpul terlalu banyak tentu sangat tidak pada waktunya. Untuk itu kita mendoakan di rumah yang penting doa itu diterima dimana saja," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Ibunda Jokowi meninggal dunia pada pukul 16.45 WIB. Presiden Jokowi saat ini juga sudah tiba di Solo pukul 17.52 WIB.

"Innalillahi wa innaillaihi rojiun, telah berpulang ke rahmatullah Ibu Hj. Sujiatmi Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden Joko Widodo di Solo, Rabu, 25 Maret 2020 pada pukul 16.45 WIB. Saat ini Presiden Jokowi telah tiba di Solo pada pukul 17.52 WIB. Informasi lebih lanjut terkait wafatnya Ibunda Presiden akan disampaikan kemudian," tulis keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (25/3/2020).

Hal yang sama juga dikatakan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral. Donny mengatakan Jokowi langsung terbang ke Solo setelah mendapat kabar wafatnya ibunda.

"Presiden sudah berangkat ke Solo. Nanti dokter akan konferensi pers di Solo untuk lebih jelasnya," kata Donny.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS