facebook

MUI Dukung Rencana Istigasah dan Zikir Nasional Agar Corona Segera Hilang

Bangun Santoso | Ria Rizki Nirmala Sari
MUI Dukung Rencana Istigasah dan Zikir Nasional Agar Corona Segera Hilang
Waketum MUI Zainut Tauhid. (Suara.com/Putu)

MUI menyarankan agar istigasah dan zikir nasional itu dilakukan secara online mengikuti protokol kesehatan saat pandemi virus corona

Suara.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung diadakannya istigasah dan zikir nasional dengan melibatkan seluruh umat muslim secara online. MUI ingin kegiatan tersebut dimanfaatkan masyarakat Indonesia dalam memohon doa menangkal pandemi virus Corona (Covid-19) di tanah air maupun negara lainnya yang terpapar.

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, bahwa usulan pertama kali disampaikan oleh juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) di tengah-tengah rapat kerja Komisi VIII DPR RI. Saat itu, HNW menilai perlu adanya pendekatan spiritual melalui istigasah dan zikir nasional agar Indonesia bisa segera pulih dari pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu pula, HNW berharap Kementerian Agama bisa menginiasi kegiatan itu. Tak lupa, HNW juga meminta agar Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang juga menjadi Ketua Umum MUI nonaktif untuk memimpin istigasah dan zikir nasional tersebut.

"MUI mendukung diselenggarakan kegiatan istigasah dan zikir nasional untuk memohon doa kepada Allah SWT dalam rangka menangkal pandemi wabah virus corona yang melanda bangsa Indonesia dan seluruh masyarakat dunia," kata Zainut dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/4/2020).

Baca Juga: MUI: Tidak Ada Alasan untuk Menolak Penguburan Jenazah Covid-19

Zainut menuturkan, bahwa kegiatan istigasah bisa diisi dengan pembacaan kalimat thayyibah seperti zikir, salawat kepada Nabi dan pembacaan doa lainnya. Menurutnya kegiatan itu juga bisa dikaitkan dengan acara targhib menyambut bulan Ramadan yang sebentar lagi akan tiba.

Dikarenakan adanya kebijakan pemerintah yakni jaga jarak atau physical distancing dan juga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maka MUI pun menyarankan agar pelaksanaan kegiatan istigasah dan zikir bersama bisa dilakukan secara online dan disiarkan langsung melalui televisi nasional. Dengan begitu, seluruh masyarakat Indonesia pun bisa mengikutinya.

Lebih lanjut, Zainut pun menilai berdoa bagi umat beragama menjadi bagian penting bagi kehidupan bangsa Indonesia. Berdoa menjadi kesempatan ikhtiar batin meminta pertolongan kepada Allah SWT.

"Agar bangsa Indonesia diberikan kekuatan, kesabaran dan keselamatan dalam menerima ujian, cobaan, musibah dan marabahaya termasuk pandemi virus Corona," imbuhnya.

Baca Juga: MUI Imbau Warga Ikuti Panduan Ibadah Kemenag Saat Pandemi Corona

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar