alexametrics

10 Amalan Sunnah di Bulan Ramadan untuk Memperbanyak Pahala

Dany Garjito | Husna Rahmayunita
10 Amalan Sunnah di Bulan Ramadan untuk Memperbanyak Pahala
Ilustrasi berpuasa (Shutterstock)

Dari mengakhirkan sahur hingga istiqamah.

Suara.com - Bulan Ramadan yang diperingati setiap satu tahun sekali menjadi momen istimewa bagi umat muslim di penjuru dunia.

Ramadan identik dengan bulan penuh ampunan dan keberkahan. Semua amal kebaikan yang dilakukan saat bulan Ramadan akan mendapat balasan yang berlipat ganda.

Maka dari itu, umat islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah seperti dengan mengerjakan amalan -amalan sunnah.

Dikutip dari NU Online, Jumat (10/4/2020), Syekh Muhammad ibn 'Umar Nawawi al Bantani dalam kitab Nihayah al-ain fi'Irsyad al-Mubtadin merinci amalan-amalan yang bisa dilakukan saat bulan puasa.

Baca Juga: Sibuk di Dunia Musik, Glenn Fredly Juga Aktif Jadi Pengurus Gereja

Selengkapnya, berikut 10 amalan sunnah di bulan Ramadan.

1. Mengakhirkan sahur

Amalan sunnah di bulan Ramadan salah satunya bisa dilakukan dengan mengakhirkan waktu sahur. Rasulullah bersabda: "Bersantap sahurlah kalian, karena sahur itu adalah keberkahan (HR. Bukhari)".

Sahur terpenuhi bila seorang menyantap makanan atau minum meski hanya seteguk air. Kegiatan ini bisa dilakukan seusai tengah malam hingga sebelum waktu yang diragukan yakni antara malam atau terbit fajar.

2. Menyegerakan buka

Baca Juga: Cegah Covid-19, Hartadinata Tawarkan Transaksi Emas Tanpa Tatap Muka

Selepas perpuasa sepanjang hari, umat Islam dianjurkan menyegerakan berbuka puasa. Berbuka puasa dilakukan ketika masuk waktu maghrib.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!