Ambil Hikmah Pandemi Covid-19 Jelang Ramadan, Fajar Ingin Puasa Full

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Ambil Hikmah Pandemi Covid-19 Jelang Ramadan, Fajar Ingin Puasa Full
Pebulutangkis spesialis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian, ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Rabu (4/3/2020). [Suara.com/Arief Apriadi]

"Kalau dahulu itu tak puasa, tapi diganti di hari lain karena ada persiapan ikut turnamen," ujar Fajar Alfian.

Suara.com - Pebulutangkis spesialis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian tak selalu memandang pandemi virus Corona dalam perspektif negatif.

Fajar mengatakan pandemi Covid-19 bisa dipandang sebagai hikmah. Terkhusus jelang memasuki bulan Ramadan.

Selama jadi atlet Pelatnas, Fajar mengakui kerap kesulitan menjalankan ibadah puasa.

Sebab, partner Muhammad Rian Ardianto itui harus tetap mempersiapkan diri ikut turnamen.

Pandemi Covid-19 yang memaksa berbagai turnamen ditunda, membuat Fajar punya kesempatan menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik.

"Ambil hikmahnya saja. Lebaran biasanya ada turanmen, sekarang tidak. Sekarang latihan juga cuma sekitar 50 persen porsinya untuk jaga kebugaran," ujar Fajar Alfian saat dihubungi Suara.com, Kamis (9/4/2020).

"Kalau bisa sih saya ingin latihan sambil berpuasa. Kalau dahulu itu tak puasa, tapi diganti di hari lain karena ada persiapan ikut turnamen."

"Kalau sekarang kami memang diam di asrama, tapi porsi latihan berkurang. Jadi saya akan coba untuk puasa penuh," tuturnya.

Fajar Alfian menjadi satu dari hampir sebagian besar atlet PBSI yang memilih berdiam di asrama PBSI, kendati Pelatnas tengah diliburkan hingga 2 Juni mendatang.

Fajar Alfian memilih tetap di asrama agar bisa mengakses faslitas latihan lengkap, di samping tak ingin ambil risiko dengan pulang ke kampung halaman.

"Wabah ini memang bisa dipandang sebagai bencana. Tapi kita ambil hikmahnya saja. Jadi ya jalanin saja. Yang penting kita harus disiplin," tandas Fajar Alfian.

Dari Redaksi:
Artikel ini tersaji di microsite khusus Ramadan Suara.com, yang selain memuat beragam konten menarik terkait Ramadhan 1441 H, kali ini juga menghadirkan beberapa fitur spesial. Ada fitur Kalkulator Zakat bagi yang butuh menghitung zakatnya, menu Tadarus lengkap dengan tulisan dan suara untuk yang ingin mengaji atau baca Al Quran online, dan tentu ada Jadwal Imsakiyah untuk yang ingin mengetahui waktu Imsak, berbuka, maupun waktu salat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS