Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Ada Uang Tunai di Paket Bansos PSBB DKI dari Anies?

Rendy Adrikni Sadikin
CEK FAKTA: Ada Uang Tunai di Paket Bansos PSBB DKI dari Anies?
Paket bansos berisi bahan pokok untuk wargaa DKI Jakarta yang disalurkan Pemprov. [Suara.com/Fakhri Fuadi]

Foto paket sembako beserta uang tunai beredar melalui pesan singkat WhatsApp. Hoaks atau Tidak?

Suara.com - Pesan yang memuat foto paket bantuan sosial (Bansos) PSBB Covid-19 DKI Jakarta berupa sembako beserta uang tunai beredar melalui aplikasi WhatsApp.

Seperti dikutip Suara.com dari laman Jakarta.go.id, Jumat (10/4/2020), foto itu memperlihatkan sembako yang terdiri dari bahan kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula pasir, sarden, biskuit, sabun batang, dan masker kain.

Di foto tersebut, ada pula sejumlah uang tunai senilai Rp 150 ribu dalam bentuk 3 lembar uang Rp 50 ribu dan sepucuk surat dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hoaks bantuan dari Anies Baswedan berisi uang.[Jakarta.go.id]
Hoaks bantuan dari Anies Baswedan berisi uang.[Jakarta.go.id]

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks DKI Jakarta kepada Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dan Humas PD. Pasar Jaya (10/04/2020), diperoleh keterangan foto itu adalah palsu atau hoaks.

Adapun isi dari Paket Bantuan Sosial PSBB Covid-19 DKI Jakarta memang terdiri dari sejumlah bahan kebutuhan pokok, tapi tidak termasuk gula pasir dan uang tunai.

Sebagai tambahan informasi, disampaikan bahwa paket bantuan sosial PSBB Covid-19 DKI Jakarta adalah terdiri dari: Beras 5 kg (1 karung), Sarden (2 kaleng), Biskuit (2 bungkus), Minyak goreng 0,9 liter (1 bungkus), Sabun mandi batang (2 buah), dan Masker kain (2 buah).

Hal tersebut diamini oleh Ketua II Gugus Tugas Covid-19 DKI Catur Laswanto. Menurut dia, ada tujuh jenis barang yang didistribusikan kepada masyarakat.

"Bantuan yang diberikan berupa paket komoditas bahan pangan pokok; beras 5 kilogram 1 karung, sarden 2 kaleng kecil, minyak goreng 0,9 liter 1 pouch, biskuit 2 bungkus, masker kain 2 pieces dan sabun mandi 2 batang," ujar Catur kepada wartawan, Jumat (10/4/2020).

Tak ketinggalan, dalam paket bantuan itu, diselipkan juga sepucuk surat dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pemberian surat ini juga pernah dilakukan Anies untuk para tenaga medis yang diinapkan di hotel.

"Dan surat dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta," jelasnya.

KESIMPULAN

Informasi yang memuat foto paket bansos PSBB Covid-19 DKI Jakarta yang terdiri dari bahan kebutuhan pokok, masker kain, dan tambahan sejumlah uang tunai adalah tidak benar.

Faktanya, dalam paket bantuan sosial PSBB Covid-19 DKI Jakarta tidak terdapat gula pasir dan uang tunai.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS