alexametrics

Masjid Ditutup, Warga Ngotot Panjat Pagar Demi Salat Tarawih

Reza Gunadha | Ruhaeni Intan
Masjid Ditutup, Warga Ngotot Panjat Pagar Demi Salat Tarawih
Warga nekat memanjat pagar masjid memi salat tarawih (Twitter).

Warga Parepare, Sulawesi Selatan memaksa masuk ke dalam masjid guna melaksanakan ibadah salat tarawih.

Suara.com - Warga kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan memaksa masuk ke dalam Masjid Al Manar pada Sabtu (26/4/2020) malam.

Mereka tidak mengindahkan imbauan untuk beribadah di dalam rumah dan nekat memanjat pagar masjid demi melaksanakan salat tarawih berjemaah.

Dari video rekaman CNN Indonesia yang beredar di media sosial, warga setempat baik laki-laki maupun perempuan terlihat memanjat pagar di bagian samping masjid untuk bisa masuk ke dalam.

Alhasil, Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Parepare dan anggota Satuan Penanganan Covid-19 kota Parepare dibuat tak berdaya.

Baca Juga: Viralkan Masih Ada Salat Tarawih, Alasan Pemuda Serang Rumah di Pulogadung

Mereka tak dapat lagi membendung arus massa yang merangsek masuk dan terpaksa membuka pagar.

Untuk mengakalinya, para petugas kemudian melakukan pengecekan suhu tubuh di pintu masuk serta meminta jamaah yang ingin melaksanakan salat tarawih untuk memakai masker.

"Kami dari Majelis Ulama Indonesia pada dasarnya tetap memberikan imbauan kepada masyarakat agar mereka memahami bahwa pelaksanaan salat tarawih di masjid hukumnya adalah fardhu kifayah," kata M. Idris Usman, Sekretaris MUI kota Pare-pare.

Ia menjelaskan bahwa di mata hukum Islam, menjaga keselamatan dari wabah covid-19 lebih wajib hukumnya dibandingkan dengan melaksanakan ibadah salat tarawih di masjid saat ada wabah.

"Sementara, menjaga keselamatan diri kita dari wabah covid-19 ini adalah fardhu ain atau artinya wajib bagi diri sendiri. Apalagi salat tarawih ini hukumnya sunnah. Sementara, menyelamatkan diri dari wabah ini hukumnya wajib," lanjut Idris.

Baca Juga: Tak Mau Ketahuan Aparat, Warga Matikan Lampu Masjid Saat Salat Tarawih

Warga nekat memanjat pagar masjid memi salat tarawih (Twitter).
Warga nekat memanjat pagar masjid memi salat tarawih (Twitter).

Dikutip dari Suaraya.news, keesokan paginya pada hari Minggu (26/4/2020), satu keluarga yang tinggal persis di depan Masjid Al Manar dievakuasi oleh Tim Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare.

Komentar