alexametrics

Cara Menghitung Perkiraan Jatuhnya Lailatul Qadar di Bulan Ramadan 2020

Dany Garjito
Cara Menghitung Perkiraan Jatuhnya Lailatul Qadar di Bulan Ramadan 2020
Bumi di malam hari di lihat dari luar angkasa. (Shutterstock)

Ini cara menghitung perkiraan kapan malam Lailatul Qadar.

Suara.com - Bagaimana cara menghitung perkiraan jatuhnya Lailatul Qadar di bulan Ramadan 2020? Mari kita simak bersama!

Apa itu Lailatul Qadar? Lailatul Qadar adalah satu dari sekian banyak misteri ketuhanan yang menyimpan pahala dan keutamaan yang sangat besar.

Disebutkan dalam al-Qur’an, keutamaan Lailatul Qadar lebih besar dan indah dibanding seribu bulan. Ini menunjukkan betapa mahalnya Lailatul Qadar. Karena mahal, maka Allah pun merahasiakan turunnya.

Nabi Muhammad sendiri hanya memberikan katakunci, kalau Lailatul Qadar mayoritas turun di tanggal-tanggal ganjil sepuluh terakhir Ramadhan. Namun, para ulama telah membuat semacam rumusan turunnya Lailatul Qadar yang spesifik, yang tentunya bisa kita manfaatkan dan jadikan patokan. Siapa tau kita mendapatkan malam yang didambakan oleh seluruh umat Islam itu?

Baca Juga: Apa yang Sebenarnya Dialami Rasulullah Saat Malam Nuzulul Quran?

Disadur dari Harakah.id -- jaringan Suara.com, Minggu (10/5/2020), berikut tabel jadwal Lailatul Qadar menurut Syeikh Abu Hasan asy-Syadzili:

Tabel jadwal Lailatul Qadar menurut Syeikh Abu Hasan asy-Syadzili. (Harakah.id)
Tabel jadwal Lailatul Qadar menurut Syeikh Abu Hasan asy-Syadzili. (Harakah.id)

Berdasarkan tabel di atas, turunnya Lailatul Qadar bisa ditentukan dan disesuaikan dengan hari pertama jatuhnya Bulan Ramadan. Jika Ramadan jatuh pada hari Sabtu, maka Lailatul Qadar kemungkinan besar muncul di tanggal 23 Ramadan.

Lalu bagaimana dengan Ramadan tahun ini. Kita ingat, Ramadan tahun ini dimulai pada Hari Jum’at, 24 April 2020. Berdasarkan hitungan tabel di atas, maka insyallah Lailatul Qadar akan jatuh di tanggal 17 Ramadan, yang bertepatan dengan Hari Sabtu atau Minggu, Tanggal 9 atau 10 Mei 2020.

Itulah jadwal turunnya Lailatul Qadar sesuai dengan hari pertama di Bulan Ramadhan. Tentu saja jadwal tersebut bukanlah jadwal pasti. Bisa saja Lailatul Qadar justru turun di awal Ramadhan dan tanggal-tanggal genap. Hanya Allah SWT yang tahu masalah tersebut. Tapi, berbekal pengetahuan tentang rumusan yang telah disusun oleh Syeikh Asy-Syadzili yang merupakan seorang sufi tersebut, minimal kita bisa berjaga-jaga.

Lailatul Qadar tentu tidak bisa diraih hanya dengan duduk berdiam diri. Memperbanyak ibadah, membaca al-Qur’an dan berdzikir adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan Lailatul Qadar.

Baca Juga: Berenang dan Menyelam, Apakah Membatalkan Puasa?

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar