Jelang Lebaran, Penerima Bansos dari Presiden Sudah Lebih dari 4 Juta KK

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Jelang Lebaran, Penerima Bansos dari Presiden Sudah Lebih dari 4 Juta KK
Presiden Joko Widodo (kanan) memberi salam kepada warga saat meninjau proses distribusi sembako tahap ketiga bagi masyarakat kurang mampu dan terdampak COVID-19 di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (18/5). [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Muhadjir kemudian yakin 8,3 juta KPM akan menerima bansos sebelum lebaran.

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bantuan sosial (bansos) Presiden sudah diserahkan kepada empat juta lebih Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Artinya penyaluran bansos tersebut masih separuh dari angka yang ditargetkan, yakni 9 juta KPM.

Muhadjir menuturkan, data tersebut diperoleh hingga 20 Mei 2020. Melihat dari target yang mencapai 9 juta KPM, kekinian bansos yang sudah diserahkan berkisar 46,6 persen.

"BST Banpres per 20 Mei 2020 telah diterima oleh sebanyak 4.193.386 (46,6 persen) dari target 9 juta KPM," tutur Muhadjir saat dihubungi wartawan, Jumat (22/5/2020).

Muhadjir menuturkan bansos itu berasal dari Kementerian Sosial dengan target 80 persen KPM. Artinya dari jumlah target KPM yang mencapai 9 juta kepala keluarga.

Muhadjir kemudian yakin 8,3 juta KPM akan menerima bansos sebelum lebaran.

Ia menjelaskan kalau presentase tertinggi dari penyerahan bansos presiden itu berada di Kepulauan Bangka Belitung dengan rincian 29.369 KPM atau sekitar 75,48 persen penerima.

Sedangkan yang terendah ditempati oleh Provinsi Papua dengan jumlah penerima 5.584 KPM atau sekitar 8,82 persen.

Sebelumnya, Muhadjir sempat menyampaikan bahwa penyaluran bansos akan dilakukan secara besar-besaran menjelang hari raya Idul Fitri. Ia menargetkan bansos akan sampai di tangan 8,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

"Lima hari menjelang lebaran ini akan dilakukan penyaluran besar-besaran," kata Muhadjir saat dikonfirmasi wartawan, Senin (18/4/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS