Hari Ketiga Lebaran, Bandara Soekarno-Hatta Terbangkan 3.000 Penumpang

Chandra Iswinarno | Stephanus Aranditio
Hari Ketiga Lebaran, Bandara Soekarno-Hatta Terbangkan 3.000 Penumpang
Suasana Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng pada H+2 Lebaran, Selasa (26/5/2020). [Suara.com/Stephanus Aranditio]

Yado menyebut, kondisi tersebut masih di bawah rata-rata penerbangan harian pada masa pembatasan transportasi demi pencegahan penyebaran pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Suara.com - Pada hari ketiga lebaran pada Selasa(26/5/2020), sebanyak 45 penerbangan domestik yang berangkat dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten telah menerbangkan 3.000 penumpang.

Berdasarkan data di posko Gugus Tugas Covid-19 Bandara Soetta, 3.000 penumpang tersebut yang bergerak di Terminal 2 ada sebanyak 27 penerbangan domestik dengan rincian, 15 keberangkatan dan 12 kedatangan yang dilakukan oleh maskapai Lion Air dan Batik Air.

Sementara 18 penerbangan domestik lainnya dilakukan oleh maskapai Garuda Indonesia dan Citilink di Terminal 3 Bandara Soetta.

"Estimasi untuk penerbangan hari ini sekitar 45 flight dengan kurang lebih 300 penumpang. Tidak ada kenaikan untuk estimasi traffic penumpang hari ini. Maskapai yang beroperasi adalah Lion Air, Batik, dan Garuda Indonesia," kata VP Corporate Communication AP II Yado Yarismano kepada Suara.com pada Selasa (26/5/2020).

Yado menyebut, kondisi tersebut masih di bawah rata-rata penerbangan harian pada masa pembatasan transportasi demi pencegahan penyebaran pandemi Virus Corona atau Covid-19.

"Di Bandara CGK ini ada sekitar 100-120 penerbangan per harinya sebelumnya, sudah lumayan turun pergerakannya," ucapnya.

Begitu pula, jika dibandingkan dengan trafik Bandara Soetta di saat keadaan normal yang bisa melayani hingga 1.200 penerbangan dengan rata-rata jumlah penumpang 200.000 per harinya.

"Trafik penerbangan rata-rata pada saat pembatasan transportasi ini hanya sekitar 8-10 persen dari trafik normal dan untuk penumpang hanya sekitar 2,5 persen dari trafik normal," lanjutnya.

Untuk diketahui, sejak dibuka kembali setiap calon penumpang pesawat harus melalui 4 pos pemeriksaan (checkpoint) yang dilakukan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebelum naik pesawat.

Checkpoint I melakukan verifikasi dokumen perjalanan, checkpoint II pemeriksaan dokumen dan fisik terkait kesehatan, checkpoint III untuk validasi seluruh dokumen, terakhir checkpoint IV melakukan check in untuk mendapat boarding pass.

Adapun syarat yang harus dipenuhi penumpang untuk terbang antara lain; tiket, surat keterangan negatif Covid-19 berdasar rapid test atau PCR test, dan surat pengantar dari kantor atau aparat setempat.

PNS, TNI, dan Polri bisa menyertakan surat pengantar dinas dari institusi masing-masing sebagai kelengkapan dokumen perjalanan. sementara untuk pekerja swasta bisa menyerahkan pengantar dari RT atau RW setempat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS