alexametrics

Soal Pramugari Garuda Indonesia Tak Akan Pakai Masker, Disorot Media Asing

Dany Garjito | Chyntia Sami Bhayangkara
Soal Pramugari Garuda Indonesia Tak Akan Pakai Masker, Disorot Media Asing
Pramugari Garuda Indonesia pakai kebaya Anne Avantie. (Instagram/@anneavantieheart)

Penggunaan masker disebut akan membuat penumpang bertanya-tanya, apakah pramugari melayani sambil tersenyum atau cemberut.

Suara.com - Pramugari Garuda Indonesia tak akan pakai masker cegah Covid-19 saat sedang bertugas. Penggunaan masker disebut akan membuat penumpang bertanya-tanya, apakah pramugari melayani sambil tersenyum atau cemberut.

Hal tersebut sontak menjadi sorotan dunia. Banyak media yang mengkiritisi kebijakan tersebut.

Dialihbahasakan World of Buzz, Kamis (18/6/2020), Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan pihaknya mendapatkan banyak kritik dari penumpang lantaran awak kabin mereka mengenakan masker. Menindaklanjuti kritik tersebut, pihak maskapai plat merah itu memutuskan untuk menghentikan penggunaan masker pada awak kabin saat bertugas.

"Kalau masuk pesawat pakai APD semua, ini pesawat apa ruang ICU. Jadi banyak penumpang Garuda Indonesia mulai mengeluh pramugari tutupan masker semua," ujar Irfan dalam webinar pada Selasa (16/6/2020).

Baca Juga: Garuda Indonesia Harus Tetap Terbang Meski Dalam Kondisi Perang

Pihak maskapai berencana akan mengganti penggunaan masker dengan face shield yang dimodifikasi. Dengan demikian, pramugari tetap bisa berinteraksi humanis meski mengenakan alat proteksi diri.

Malay Mail melaporkan, maskapai Garuda Indonesia telah menerapkan aturan social distancing dan pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang dan pramugari sebelum penerbangan.

Meski demikian, kebijakan menghapus penggunaan masker bagi awak kabin memantik protes dari masyarakat dunia. Mereka mengecam kebijakan maskapai yang dapat mengancam keselamatan para awak kabin.

"Garuda Indonesia akan menghentikan penggunaan masker bagi alat perlindungan pribadi (PPE) karena penumpang mengeluh bahwa mereka tidak dapat melihat apakah mereka dilayani dengan senyum atau cemberut. Jika itu yang mereka khawatirkan, kami mendapatkan senyuman mereka di sini," tulis akun @nuicemedia sambil mengunggah video pramugari tersenyum.

Hingga berita ini diturunkan, Suara.com masih mencoba menghubungi pihak maskapai untuk mendapatkan keterangan resmi terkait aturan pramugari bermasker atau tidak.

Baca Juga: Bos Garuda Girang Rencana Pemerintah Bolehkan Maskapai Naikkan Tarif

Komentar