alexametrics

Gegara Humor, Gus Dur Sampai Disatroni Presiden Kuba Fidel Castro

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Gegara Humor, Gus Dur Sampai Disatroni Presiden Kuba Fidel Castro
Almarhum Presiden Republik Indonesia ke-4, KH. Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur. [Twitter@tsamaraDKI]

Orang nomor satu di Kuba tersebut menemui Gus Dur karena ingin mendengar guyonan yang sudah dikenal Fidel Castro menjadi ciri khas.

Suara.com - Kisah hidup Gus Dur selalu diwarnai kisah jenaka. Tak main-main, kejenakaannya yang penuh satir itu kerap melibatkan orang-orang ternama. Beberapa pemimpin dunia yang pernah bercanda tawa dengannya seperti Bill Clinton, raja Arab, sampai tokoh revolusi sekaligus presiden Kuba yakni Fidel Castro.

Gegara humor Gus Dur tersebut, Presiden RI ke-4 ini sampai disatroni Fidel Castro saat berkunjung ke Kuba. Orang nomor satu di Kuba tersebut menemui Gus Dur karena ingin mendengar guyonan yang sudah dikenal Fidel Castro menjadi ciri khas.

Kenangan Gus Dur disatroni Presiden Fidel Castro hingga kini masih teringat oleh sang istri Sinta Nuriyah Wahid. Ceritanya saat itu Presiden Fidel Castro rela mendatangi hotel tempat Gus Dur menginap.

Saat itu Presiden Fidel Castro tidak bisa menyambut kedatangan Gus Dur secara resmi karena sedang sibuk mempersiapkan diri memimpin Konferensi Gerakan Nonblok.

Baca Juga: Mantan Kapolri Lontarkan Humor Gus Dur, Alissa: Pak Polisi, Ada Teladan Nih

Ketika Gus Dur turun ke lobi hotel, tiba-tiba komandan Paspampres Gus Dur dihubungi oleh pengawal yang menjaga pintu kamar.

“Komandan mohon izin,” kata pengawal kamar Gus Dur dikutip dari Hops.id -- jaringan Suara.com, Kamis (18/6/2020).

“Iya?” jawab Komandan Paspampres.

“Ini ada rombongan orang yang tidak jelas dan tidak dikenal tiba-tiba masuk ngotot mau masuk kamarnya Presiden Gus Dur,” kata pengawal kamar.


Di depan kamar ini ada sedikit ribut-ribut, antara pengawal Gus Dur dan salah satu orang yang ingin masuk kamar Gus Dur.

Baca Juga: Mengenal Jenderal Hoegeng, Dipuji Gus Dur Sampai Jadi Humor 3 Polisi Jujur

Tanpa disadari kunjungan yang dilakukan Fidel Castro justru membuat siapapun yang mendengar pengalaman tersebut akan takjub oleh Gus Dur. Karena Fidel Castro mendatangi kamar Gus Dur hanya untuk mendengar celotehan Gus Dur.

Komentar