BNN : Artis Bukan Target Operasi Narkoba, Dijamin!

Fabiola Febrinastri
BNN : Artis Bukan Target Operasi Narkoba, Dijamin!
Webinar “Artis, Target Operasi Narkoba?”, Jakarta, Selasa (30/6/2020). (Dok : BNN)

Narkoba tidak memandang bulu, siapa saja bisa terkena.

Suara.com - Mengusung tema “Artis, Target Operasi Narkoba?” Deputi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar webinar, Jakarta, Selasa (30/6/2020). Webinar menghadirkan pembicara Direktur Informasi dan Edukasi BNN, Brigjen Purwo Cahyoko dan public figure Rian D’Masiv, Bucek Depp dan dr. Lula Kamal.

Pembicaraan berlangsung cukup hangat dan mengungkap beberapa sisi lifestyle dunia keartisan. Brigjen Purwo Cahyoko, yang mewakili BNN mengungkapkan, tema yang diangkat ini dilatari oleh masih berulangnya peristiwa keterlibatan artis dalam penyalahgunaan narkoba, yang menimbulkan kesan seolah artis dijadikan sebagai target operasi.

“Hal ini tidak benar. BNN maupun Polri tidak pernah menjadikan figur tertentu sebagai target operasi, kecuali bila ia memang merupakan bagian dari sindikat narkoba. Apalagi untuk sekadar menjadikan artis sebagai bahan kampanye atau mencari popularitas,hal ini tidak benar, saya jamin,” ujar Purwo, saat ditemui setelah acara berakhir.

Di dalam acara, Purwo juga menjelaskan mekanisme yang dijalankan oleh aparat penegak hukum dalam mengungkap dan memproses sebuah perkara narkoba, mulai dari adanya laporan, penyelidikan, dan diikuti dengan penyidikan, dan dalam setiap tahapan ada proses-proses yang harus dijalani.

“Dalam undang-undang, selalu disebutkan 'barangsiapa' atau 'setiap orang', jadi bukan setiap artis, bisa siapa saja. Bila kemudian publik figur yang terkena, kepopuleran merekalah yang membuat kasus itu kemudian terekspos luas,” ujar Purwo.

Dari sisi artis dan praktisi kesehatan, dr. Lula Kamal lebih menekankan kepada kehati-hatian dari kalangan artis untuk mengkonsumsi obat atau sesuatu yang meningkatkan atau menambah stamina. Memang ditenggarai tingginya tekanan fisik dan mental bagi para artis, termasuk jam kerja yang tinggi membuat artis untuk lebih hati-hati untuk mengkonsumsi obat atau vitamin.

dr. Lula Kamal dalam Webinar “Artis, Target Operasi Narkoba?”, Jakarta, Selasa (30/6/2020). (Dok : BNN)
dr. Lula Kamal dalam Webinar “Artis, Target Operasi Narkoba?”, Jakarta, Selasa (30/6/2020). (Dok : BNN)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS