Pengajuan KPR di BTN Mulai Kembali Bergairah

Pebriansyah Ariefana | Achmad Fauzi
Pengajuan KPR di BTN Mulai Kembali Bergairah
Rumah Subsidi di kawasan Curug Tangerang, Banten. (suara.com/Pebriansyah Ariefana)

Terutama pada di Juni pengajuan KPR di BTN mulai merangkak naik.

Suara.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengungkapkan pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) mulai menunjukkan kenaikan. Terutama pada di Juni pengajuan KPR di BTN mulai merangkak naik.

Direktur Utama BTN, Pahala N Mansury mengatakan permintaan KPR pada Juni naik 75 persen dibandingkan pada bulan Mei sebelumnya.

"Apakah ini normal? Belum karena sempat turun lebih besar. Tapi ini indikasi positif. Misalnya bulan Juli lalu estimasi kita sudah mendekati angka Rp 3 triliun. Ini perkembangan positif," ujar Pahala dalam konferensi pers secara virtual, Senin (3/8/2020).

Menurut Mantan Direktur Utama Garuda Indonesia ini, kenaikan tersebut akan membuat kondisi penyaluran kredit bisa capai target. Pasalnya, KPR berkontribusi sekitar 73 persen dari total portofolio kredit BTN.

"Ini juga tentunya kita harapkan bisa pelan-pelan menunjukkan adanya perbaikan dan diharapkan sampai dengan akhir tahun nanti kredit kita masih bisa tumbuh di 4 persen, KPR non subsidi masih bisa tumbuh antara 5,5-6 persen," jelas dia.

Sementara, untuk KPR subsidi, Pahala menargetkan bisa tumbuh kurang lebih 10 persen dibanding tahun sebelumnya. Hal ini didorong dari adanya tambahan kuota KPR Subsidi dari pemerintah.

"Karena syukur Alhamdulillah bahwa pemerintah khususnya terkait paket stimulus kedua dimana pemerintah menambah adanya total KPR bersubsidi itu total unit secara keseluruhan ada 172.000 dimana kuota yang dimiliki oleh Bank BTN bertambah 146.000 ini yang akan diharapkan mendorong pertumbuhan KPR subsidi untuk tahun 2020," ucap dia.

Untuk mencapai target tersebut, BTN tengah mengoptimalisasi pengajuan KPR secara online dan bisa dilakukan di rumah.

"Kita di bank BTN ada yang namanya btnproperti.co.id di mana kita sudah menyalurkan pinjaman melalui btnproperti.co.id sampai periode 6 bulan kurang lebih Rp 678 miliar dengan total visitor di atas 2 juta orang," tukas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS