Wapres Sebut Fatwa Ulama Bisa Jadi Bimbingan Bagi Umat di Tengah Pandemi

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Wapres Sebut Fatwa Ulama Bisa Jadi Bimbingan Bagi Umat di Tengah Pandemi
Wapres Maruf Amin saat berpidato dalam acara Hari Anti Narkotika Internasional secara virtual. (Keterangan Foto: Dokumentasi KIP Setwapres).

"Karena fatwa yang benar akan senantiasa berorientasi pada kemaslahatan."

Suara.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai fatwa ulama menjadi salah satu solusi terkait tata cara ibadah umat muslim di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Menurutnya, fatwa bisa memberikan bimbingan bagi umat untuk menyelesaikan masalah dari dampak adanya pandemi.

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf saat berpidato dalam acara Seminar Daring bertajuk "Peranan Fatwa MUI pada Masa Pandemi Covid-19 dan Dampak Hukumnya", Rabu (5/8/2020).

"Fatwa dapat memberikan bimbingan dan tuntunan bagi umat untuk melakukan penanggulangan dan mengatasi dampak pandemi Covid-19. Karena fatwa yang benar akan senantiasa berorientasi pada kemaslahatan, tidak menyulitkan, dan berorientasi pada maksud diturunkannya syariat," kata Ma'ruf.

Ma'ruf menerangkan bahwa sebuah fatwa baru yang diputuskan oleh para ulama berorientasi pada prinsip meringankan umat. Akan tetapi tetap dalam koridor yang diperbolehkan agama Islam dan tidak diorientasikan untuk mencari-cari kemudahan serta tidak mencari keringanan.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) non aktif tersebut mengatakan hal tersebut menunjukkan pada dasar dari hukum Islam yang fleksibel sesuai dengan kondisi yang terjadi, termasuk ketika ada pandemi Covid-19.

"Fleksibilitas inilah yang menjadi ruh fatwa para ulama di masa pandemi Covid-19 ini, termasuk fatwa-fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait dengan Covid-19," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS