facebook

Ikut Sergap Anggota Al Qaeda, Anjing Militer Inggris Ini Dapat Penghargaan

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Ikut Sergap Anggota Al Qaeda, Anjing Militer Inggris Ini Dapat Penghargaan
Ilustrasi anjing militer.[Unsplash/Jason Jarrach]

Seekor anjing militer Inggris mendapat penghargaan setelah sergap anggota Al-Qaeda.

Suara.com - Seekor  anjing militer Inggris akan menerima medali penghargaan atas keberaniannya setelah ikut menyergap anggota bersenjata Al-Qaeda hingga mengalami luka serius.

Menyadur The Guardian, Sabtu (29/8/2020), Kuno akan menerima Medali PDSA Dickin dalam upacara pada bulan November, yang memberinya penghargaan tertinggi untuk keberanian hewan militer.

Anjing Belgian Malinois berusia tiga tahun dan pawangnya dikerahkan bersama Pasukan Kapal Khusus Angkatan Laut Kerajaan dalam penggerebekan di sebuah kompleks selama misi luar negeri pada tahun 2019 ketika mereka diserang.

Di bawah granat dan tembakan senapan mesin dari seorang pemberontak, Kuno menyergap pria bersenjata itu, sehingga misi dapat diselesaikan dengan sukses.

Baca Juga: Ditemukan Kerangka Monyet Berusia 2.000 Tahun

Kuno terkena peluru di kedua kaki belakangnya selama penyerangan, yang menyebabkan salah satu anggota tubuh harus diamputasi sebelum ia diterbangkan kembali ke Inggris.

Dia kemudian menjadi anjing militer Inggris pertama yang dilengkapi dengan kaki palsu yang dibuat secara khusus agar dapat berjalan kembali.

"Tanpa Kuno, jalannya operasi ini bisa sangat berbeda, dan jelas dia menyelamatkan nyawa personel Inggris hari itu," ujar Ben Wallace sekretaris pertahanan Inggris.

"Kisah Kuno mengingatkan kita tidak hanya pada pengabdian yang berdedikasi kepada tentara dan anjing militer kita, tetapi juga kepedulian yang besar yang diberikan angkatan bersenjata Inggris kepada hewan yang melayani bersama mereka." sambungnya.

Kuno akan menjadi penerima ke-72 Dickin Medal, penghargaan sebelumnya diberikan kepada 34 anjing, 32 merpati kurir perang dunia kedua, empat kuda, dan satu kucing.

Baca Juga: UAS Bikin Kita Ngerti Kenapa Bekas Air Liur Anjing Harus Dicuci Pakai Tanah

Direktur jenderal PDSA, Jan McLoughlin, berkata: "Tindakan heroik Kuno tidak diragukan lagi mengubah jalannya misi dan menyelamatkan nyawa.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar