Siapa DN Aidit Sesungguhnya? Simak Fakta D.N. Aidit Berikut

Rifan Aditya
Siapa DN Aidit Sesungguhnya? Simak Fakta D.N. Aidit Berikut
[Suara.com/Ema Rohimah]

Berikut adalah fakta D.N Aidit yang mungkin belum diketahui oleh publik.

Suara.com - Dipa Nusantara Aidit atau lebih akrab dikenal sebagai DN Aidit adalah ketua umum Partai Komunis Indonesia (PKI). Berikut ini kumpulan fakta DN Aidit yang perlu kalian ketahui.

Dibawah kepemimpinanya PKI menjadi salah satu partai tersbesar di negara Indonesia. Pria kelahiran 30 Juli 1965 ini dituduh sebagai dalang peristiwa besar G30S/ PKI. Namun sampai wafatnya belum ada keterangan pasti yang menyatakan bahwa D.N Aidit yang mendalangi peristiwa mengerikan tersebut.

Dalam sebuah kesempatan di acara Youtube Channel Indonesia Lawyer Club, anak D.N Aidit yaitu Ilham Aidit membuka fakta tentang ayahnya yang belum di ketahui oleh publik. Berikut adalah fakta D.N Aidit yang mungkin belum diketahui oleh publik.

DN Aidit tidak merokok

Baca Juga: Pesan Bijak Fico Fachriza Buat Orang-orang yang Masih Ungkit PKI

Dalam film penghkianatan G30S/PKI D.N Aidit digambarkan sebagai sosok perokok namun fakta yang sesungguhnya adalah D.N Aidit bukan perokok. Menurut keterangan dari anaknya, sang ayah tidak bisa merokok sama sekali karena akan selalu batuk saat mencoba merokok.

Akrab dengan Ir. Soekarno

D.N Aidit menjadi murid kursus politik Ir. Soekarno. Hubungan keduanya berupa senior dan junior yang cukup erat. Dirinya kerap mengantar jempur Ir.Soekarno dalam kursus.

Menjadi loper koran

D.N Aidit pernah menjadi loper koran Harian Rakyat, milik partainya di bredel oleh pemerintah. Koran tersebut pertama kali terbit 31 Januari 1951 menjadi salah satu media masa Indonesia pada periode 1950-1965. Hal yang menarik adalah ketika dirinya menjadi loper koran saat itu, D.N Aidit menjabat sebagai ketua partai.

Baca Juga: Protes ke Guru soal PKI, Fico Fachriza: Mau Jelekin Kakek Saya Terus?

Sosok yang religious

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS