alexametrics

Melawat ke India, Pejabat Tinggi AS Ibaratkan China Seekor Gajah di Ruangan

Rendy Adrikni Sadikin | Hikmawan Muhamad Firdaus
Melawat ke India, Pejabat Tinggi AS Ibaratkan China Seekor Gajah di Ruangan
Utusan Khusus Amerika Serikat untuk Korea Utara Stephen Biegun tiba di Seoul, Korea Selatan, Selasa (7/7/2020). [AFP]

"Tentu saja, saat kami maju ke arah ini, ada seekor gajah di dalam ruangan: China,"

Suara.com - Seorang pejabat tinggi Amerika Serikat menyebut China seekor gajah di dalam ruangan saat kunjungannya ke India dalam rangka memajukan kepentingan di seluruh kawasan Indo-Pasifik.

Menyadur Channel News Asia, Selasa (13/10/2020) Wakil Menteri Luar Negeri Stephen Biegun mengatakan AS sedang menjajaki cara untuk memberdayakan India tanpa mengubah tradisi otonominya.

Biegun berbicara di New Delhi pada sesi pembukaan India-US Forum pada Senin (12/20) setelah kunjungan tiga hari di India.

"India memiliki tradisi otonomi strategis yang kuat dan membanggakan, dan kami menghormati itu. Kami tidak berusaha mengubah tradisi India," kata Biegun.

Baca Juga: China Dukung Indonesia Menjadi Pusat Vaksin Terkuat di Asia Tenggara

"Sebaliknya, kami ingin mengeksplorasi bagaimana memberdayakan mereka dan kemampuan India untuk mempertahankan kedaulatan dan demokrasi sendiri dan untuk memajukan kepentingan India, di seluruh kawasan Indo-Pasifik." sambungnya.

Diplomat nomor dua AS tersebut juga mengatakan Washington telah meningkatkan penjualan militer luar negeri dan pembagian intelijen dengan India.

"Tapi masih banyak yang bisa kami lakukan, termasuk memperkuat kemampuan India untuk mempertahankan diri dan dengan mempromosikan interoperabilitas di antara militer kami," katanya.

Biegun memperingatkan tentang kebangkitan China di wilayah tersebut. "Tentu saja, saat kami maju ke arah ini, ada seekor gajah di dalam ruangan: China," katanya.

Kunjungan Biegun menyusul pertemuan pekan lalu antara Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan mitranya dari India, Jepang, dan Australia di Tokyo, yang bersama-sama membentuk empat negara Indo-Pasifik yang dikenal sebagai Quad.

Baca Juga: Seorang Gadis Hamil 4 Bulan, Terungkap Hasil Nafsu Bejat 3 Sepupu

Kelompok dari empat negara tersebut dipandang sebagai penyeimbang bagi China yang menurut para ahli sedang melenturkan kekuatan militernya di Laut China Selatan, Laut China Timur, Selat Taiwan, dan di sepanjang perbatasan utara dengan India.

Komentar