alexametrics

Dikerjakan 5 Tahun, Jokowi Resmikan Jembatan di Kendari Berbiaya Rp 804 M

Agung Sandy Lesmana | Ummi Hadyah Saleh
Dikerjakan 5 Tahun, Jokowi Resmikan Jembatan di Kendari Berbiaya Rp 804 M
Jokowi memimpin rapat terbatas mengenai antisipasi penyebaran Covid-19 saat libur panjang akhir Oktober tahun 2020 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 19 Oktober 2020 / Foto : Sekretariat Presiden

"...Jembatan ini dibangun selama 5 tahun dari 2015 sampai ke 2020 dengan total biaya Rp 804 miliar," ujar Jokowi.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Teluk Kendari di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (22/10/2020).

Dalam sambutannya, Jokowi bersyukur jembatan sepanjang 1.349 meter atau 1,34 kilo meter dengan lebar 20 meter telah rampung. Jembatan tersebut kata Jokowi dibangun selama lima tahun dengan total biaya Rp 804 miliar.

"Alhamdulillah Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1.349 meter atau 1,34 kilometer dengan lebar 20 meter, hari ini telah rampung dan telah selesai. Jembatan ini dibangun selama 5 tahun dari 2015 sampai ke 2020 dengan total biaya Rp 804 miliar," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meyakini lamanya pengerjaan jembatan dan anggaran yang besa, sebanding dengan manfaat yang dirasakan masyarakat setempat.

Baca Juga: Fadli Zon: Ada Kecenderungan Rezim Sekarang jadi Otoriter

"Saya yakin lamanya waktu pengerjaan dan besarnya dana yang dibutuhkan untuk membangun jembatan ini akan sebanding dengan manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat," ucap dia.

Kepala Negara mengklaim, keberadaan Jembatan Teluk Kendari akan mempersingkat waktu tempuh masyarakat dalan berpergian. Yang semula menempuh waktu 30 sampai 40 menit menjadi 5 menit.

"Bagi masyarakat Kota Lama yang bepergian ke Kecamatan Poasia, yang biasanya menyeberangi Teluk Kendari menggunakan Feri dan memutari teluk sejauh 20 km dengan waktu tempuh 30 sampai 40 menit, kini hanya perlu waktu 5 menit," kata Jokowi.

Sebelum peresmian, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian memaparkan proses pembangunan Jembatan Teluk Kendari.

Kata Hedy, pembangunan Jembatan Teluk Kendari sudah dimulai sejak 2015. Di tahun pertama, fokus pembangunan dilakukan untuk membersihkan karena banyaknya ranjau di Teluk Kendari.

Baca Juga: 7 Fakta Baru Saudara Jokowi Dibunuh, Mayat Gosong di Dalam Mobil Terbakar

"Tahun pertama khusus untuk persiapan karena banyak ranjau. Empat tahun efektif untuk pembangunan fisik. Sekarang, Alhamdulillah sudah selesai," ucap Rahadian.

Komentar