alexametrics

Fadli Zon: Ada Kecenderungan Rezim Sekarang jadi Otoriter

Agung Sandy Lesmana | Novian Ardiansyah
Fadli Zon: Ada Kecenderungan Rezim Sekarang jadi Otoriter
Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin saat masih bertarung di Pilpres 2019. [Antara Foto/Wahyu Putro A/hp]

"Ada kecenderungan memang kita kembali ke otoritarianisme karena sekarang ini konsolidasi kekuasaan itu berjalan dengan cepat dan berkoalisi dengan oligarki.

Suara.com - Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Fadli Zon menganggap ada kecenderungan rezim Presiden Joko Widodo menjadi otoritarian, melihat dari konsolidasi kekuatan di legislatif atau parlemen.

Seperti diketahui, kini mayoritas 7 dari 9 fraksi di DPR kini mendukung pemerintahan Jokowi-Maruf Amin.

Belum lagi, lanjut Fadli, konsolidasi kekuasaan juga terjadi dengan para oligarki.

"Ada kecenderungan memang kita kembali ke otoritarianisme karena sekarang ini konsolidasi kekuasaan itu berjalan dengan cepat dan berkoalisi dengan oligarki. Jadi konsolidasi kekuasaan ini tidak hanya kekuasaan formal tetapi juga kekuasaan yang riil dalam arti oligarki," ujar Fadli dalam webinar Forum Jurnalis Politik, Kamis (22/10/2020).

Baca Juga: Fadli Zon: Jangan Sampai Rakyat Jadi Kelinci Percobaan Vaksin Covid-19

"Dan ini menjadi sangat absolut, lihat saja penanganan-penangan demonstrasi belakangan ini kan luar biasa. Saya kira ini juga perlu dikoreksi gitu," sambungnya.

Fadli berujar, legislatif yang seharusnya menjadi pengawas eksekutif dalam menjalankan pemerintahan juga tidak lagi berfungsi. Sebabnya, kata dia, yakni partai oposisi yang menjadi mayoritas. Padahal seharusnya, legislatif berperan sebagai oposisi daripada pemerintah.

"Jadi kalau yang sudah berkoalisi diangap legislatifnya juga demikian. Padahal kan seharusnya legislatif itu seharusnya tetap menjadi oposisi di dalam urusan mengawasi pemerintah. Dalam tanda petik oposisi. Artinya sebagai dewan pengawasan ini tidak jalan," kata Faldi.

Komentar