alexametrics

JK Usulkan Penemu Obat Covid-19 Diberi Penghargaan

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
JK Usulkan Penemu Obat Covid-19 Diberi Penghargaan
Wakil Presiden RI ke-12 Jusuf Kalla bersama para Dewan Juri Zayed Award for Human Fraternity di Roma, Italia pada Kamis (22/10/2020). [Dok. Tim Media Internal JK]

Menurut JK orang-orang yang berhasil itu berjasa dalam hal kemanusiaan dan berdampak baik secara global.

Suara.com - Wakil Presiden RI ke-12 Jusuf Kalla alias JK mengusulkan supaya para ahli medis yang berhasil menemukan obat untuk menghentikan Covid-19 diberikan penghargaan. Menurut JK orang-orang yang berhasil itu berjasa dalam hal kemanusiaan dan berdampak baik secara global.

Hal itu disampaikan JK saat memberikan usulan kriteria kepada para Dewan Juri Zayed Award for Human Fraternity di Roma, Italia pada Kamis (22/10/2020).

"Jadi penerima penghargaan haruslah menunjukkan kesuksesannya dalam hal persaudaraan yang membawa berkah atau manfaat ke aspek kehidupan lainnya dan, prestasinya itu harus berdampak internasional," kata JK.

Usulan JK pun diterima baik oleh para juri. Panel juri juga menyetujui kalau dimensi hak asasi manusia juga harus menjadi dasar penilaian dan pengambilan keputusan tentang siapa pemenang penghargaan tersebut.

Baca Juga: Alasan Rocky Gerung Beri Nilai A Minus untuk Jokowi - Maruf Amin

Sebagai informasi, Zayed Award for Human Fraternity dicetuskan dari hasil kesepakatan antara Paus Fransiskus dan Imam Besar Al Azhar, Dr Ahmed At-Tayyeb yang telah menandatangani dokumen bersejarah, Deklarasi Abu Dhabi, dalam Pertemuan Persaudaraan Manusia di Uni Emirat Arab pada awal bulan Februari 2019.

Deklarasi yang disebut "Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Berdampingan" itu berupaya mendorong untuk hubungan yang lebih kuat antara umat manusia.

Zayed Award for Human Fraternity sendiri adalah sebuah penghargaan internasional independen yang ditujukan untuk menghormati individu maupun institusi di berbagai belahan dunia yang berkonstribusi besar untuk kemanusiaan.

Komentar