alexametrics

Jokowi Dorong UGM Cari Solusi Konsep Pertanian dan Industrialisasi

Erick Tanjung | Ummi Hadyah Saleh
Jokowi Dorong UGM Cari Solusi Konsep Pertanian dan Industrialisasi
Presiden Jokowi tiba di Pangkalan TNI AU Haluoleo, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Kamis (22/10/2020) / Foto : Sekretariat Presiden

"Tetapi konsep agrarisas dan industrialisasi tersebut sering dikontradiksikan dengan konsep pasca industri yang cenderung konservasi dan konservatif," kata Jokowi.

Suara.com - Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini memasuki era tarik menarik yang berkepanjangan antara hutan dengan konsep agraris industrial dan konsep pasca industri.

Hal itu disampaikan Jokowi pada Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Dies Natalis ke 57 Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada secara virtual, Jumat (23/10/2020).

Dalam kenyataannya, kata dia, agrarisasi dan industrialisasi berbasis hutan merupakan sektor ekonomi yang paling penting, seperti industri kertas, krayon, minyak sawit, dan lain sebagainya.

"Tetapi konsep agrarisasi dan industrialisasi tersebut sering dikontradiksikan dengan konsep pasca industri yang cenderung konservasi dan konservatif," kata Jokowi.

Baca Juga: 8 Bangunan Dunia Pakai Nama Tokoh Indonesia dari Rusia hingga UEA

Oleh karena itu, Jokowi meminta Fakultas Kehutanan UGM mencarikan titik temu sehingga bisa dipelajari dan dikembangkan.

Menurutnya, salah satu solusi yang patut diperhitungkan, yakni pemanfaatan teknologi digital dengan mengembangkan precision forestry.

Dimana precision forestry merupakan teknologi yang mampu menghitung secara cermat dan tepat. Tentunya dengan penggunaan teknologi digital dan komputasi, yakni mengembangkan serta memanfaatkan big data analytics dan pengembangan kecerdasan buatan.

Dengan bantuan teknologi tersebut, Jokowi meyakini semangat gabungan antara penggunaan hutan dan konsep agraris dan industrial tanpa mengorbankan pasca industri.

"Saya yakin fakultas kehutanan UGM mampu untuk mengembangkan inovasi inovasi di era distrupsi sekarang ini dan membajak distrupsi untuk lompatan kemajuan kehutanan Indonesia," ujar Jokowi.

Baca Juga: Faisal Basri: Ayo Pak Jokowi Kembali ke Jalur, Kita Gak Butuh Omnibus Law

Tak hanya itu, Jokowi menuturkan, ilmu kehutanan selalu menempati posisi sentral dalam mengelola hubungan masyarakat dengan alam, khususnya antara masyarakat dan hutan.

Komentar