alexametrics

8 Bangunan Dunia Pakai Nama Tokoh Indonesia dari Rusia hingga UEA

Rifan Aditya
8 Bangunan Dunia Pakai Nama Tokoh Indonesia dari Rusia hingga UEA
Masjid Soekarno - Rusia (Google Street View)

Ternyata ada beberapa bangunan dunia pakai nama tokoh Indonesia.

Suara.com - Baru-baru ini pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) meresmikan nama jalan “Presiden Joko Widodo” di Abu Dhabi, pada Senin (19/10/2020). Namun selain jalan itu, ternyata ada beberapa bangunan dunia pakai nama tokoh Indonesia.

Indonesia memiliki pahlawan-pahlawan sekaligus tokoh perjuangan yang tak hanya dikenal di dalam negeri namun juga disegani hingga mancanegara. Sebab, sejumlah tokoh dan pahlawan Indonesia tak hanya berjasa untuk Tanah Air namun juga memiliki peran yang besar di negara-negara lain.

Bahkan, nama-nama tokoh dan pahlawan kemerdekaan Indonesia ini dijadikan nama jalan hingga bangunan dan tempat wisata di beberapa negara sebagai bentuk penghormatan sekaligus mengenang jasa para pahlawan tersebut.

Siapa saja tokoh Indonesia yang namanya dijadikan nama jalan di luar negeri? Di negara mana bangunan dunia pakai nama tokoh Indonesia? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga: JATAM: Nama Jalan Jokowi di UEA Hasil Tukar Tanah 256 Ribu Ha di Kaltim

1. Masjid Soekarno - Rusia

Soekarno menjadi tokoh Indonesia yang paling banyak dijadikan nama bangunan dan jalan di dunia. Nama mendiang Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno dijadikan nama sebuah masjid di Saint Petersburg, Rusia. Masjid bernama Blue Mosque alias Masjid Soekarno itu berdiri megah dengan dinding dan ukiran berwarna biru.

Soekarno dinilai berjasa oleh warga muslim di Rusia karena berhasil menghidupkan kembali masjid tersebut. Sebelumnya, saat era Uni Soviet, masjid tersebut ditutup dan tidak diperbolehkan untuk digunakan oleh umat muslim di Rusia.

Bahkan masjid tersebut sempat beralih fungsi menjadi gudang. Namun, semuanya berubah ketika Soekarno berkunjung ke Rusia dan kembali menjadikan masjid tersebut sebagai tempat ibadah hingga sekarang.

2. Jalan Mohammad Hatta - Belanda

Baca Juga: Waduh! Nama Jalan Presiden Jokowi Dituding Hasil Barter Lahan di Kaltim

Jalan Mohammad Hatta - Belanda (Google Street View)
Jalan Mohammad Hatta - Belanda (Google Street View)

Jasa Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia, Mohammad Hatta, turut diabadikan menjadi nama jalan di Negara Kincir Angin, Belanda.

Komentar