alexametrics

Fakta Pulau Rinca yang Kabarnya Dijadikan "Jurassic Park" Komodo

Rifan Aditya
Fakta Pulau Rinca yang Kabarnya Dijadikan "Jurassic Park" Komodo
Komodo di Pulau Rinca (Suara.com/Risna Halidi)

Berikut ini fakta Pulau Rinca yang akan dijadikan Jurassic Park Komodo.

Suara.com - Fakta Pulau Rinca kembali menjadi perbincangan hangat di media sosial Twitter. Warga Twitter beramai-ramai menggunakan #Savekomodo pasca beredarnya foto komodo berhadapan dengan truk proyek “Jurassic Park” yang sedang berjalan saat ini.

Sebelumnya, pemerintah dikabarkan akan menyulap kawasan Taman Nasional Komodo, termasuk Pulau Rinca, menjadi destinasi wisata premium. Namun, proyek ini justru menimbulkan polemik dan perdebatan dari berbagai pihak.

Pulau Rinca yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Timur ini merupakan kawasan Taman Nasional Komodo bersama Pulau Komodo dan Pulau Padar. Hingga kini, ketiga pulau tersebut menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berikut ini fakta Pulau Rinca yang akan dijadikan “Jurassic Park”.

Baca Juga: #SaveKomodo: Biar Saja Pulau Komodo Tetap Liar, Di Situ Letak Keindahannya

1. Zona Inti Taman Nasional Komodo

Sesuai Peta Zonasi Taman Nasional Komodo, sebagian besar Pulau Rinca merupakan zona inti taman nasional habitat asli komodo tersebut. Secara teoritis, zona inti merupakan zona dilindungi yang tidak diperbolehkan adanya perubahan aktivitas manusia, kecuali berhubungan dengan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan penelitian.

Loh Buaya menjadi pusat wisata bagi para pengunjung yang datang ke pulau seluas lebih kurang 190 km persegi ini. Sementara itu, titik tertinggi Pulau Rinca berada di Gunung Ora yang memiliki ketinggian sekitar 670 mdpl.

2. Dihuni sekitar 1000 penduduk

Walaupun merupakan habitat asli Komodo, terdapat sekitar 1000 penduduk yang menghuni Pulau Rinca. Bahkan, penduduk di Pulau Rinca dikabarkan telah terlebih dahulu menghuni pulau tersebut sebelum adanya Taman Nasional Komodo.

Baca Juga: Ramai Foto Komodo Hadang Truk, PKS: Yang Untung Investor Swasta

Mayoritas penduduk Pulau Rinca bermata pencaharian sebagai nelayan. Beberapa penduduk juga ada yang menjadi tour guide untuk memandu para pengunjung yang datang ke pulau tersebut. Selain itu, ada pula yang menyewakan kapal, menjual makanan, dan menyediakan homestay.

Komentar