facebook

Jelang Musim Hujan, Anies Minta Banjir Harus Surut dalam Waktu 6 Jam

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Jelang Musim Hujan, Anies Minta Banjir Harus Surut dalam Waktu 6 Jam
Ilustraasi--Sejumlah anak bermain saat banjir merendam kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta, Selasa (22/9/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

"Genangan bisa surut dalam waktu kurang dari 6 jam..."

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah melakukan persiapan menyambut musim hujan yang kerap membawa masalah banjir.

Anies meyakini jika air mulai memenuhi rumah warga, maka dalam waktu enam jam akan bisa disurutkan.

Tugas melakukan penyurutan banjir dalam waktu enam jam itu disampaikan Anies dalam apel siap siaga yang dihadiri oleh petugas dari Pemprov DKI, kepolisian, dan TNI. Melakukan penyurutan air itu disebutnya menjadi salah satu tanggung jawab aparat.

"Genangan bisa surut dalam waktu kurang dari 6 jam, tanggung jawab kita menyiapkan seluruh kekuatan untuk bisa mengeringkan dalam waktu kurang dari 6 jam," ujar Anies di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (4/10/2020).

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Anies Siap Berenang di Got Guna Syarat Jadi Presiden?

Para petugas harus melakukan kolaborasi dengan melakukan deteksi serta peringatan dini akan datangnya banjir. Setelah itu semua saluran dan sistem drainase harus dipastikan bisa lancar mengalirkan air yang datang dari mana saja termasuk pinggir pantai.

"Perhatian kita pada penanganan banjir bukan saja air dari pegunungan, bukan saja hujan lokal tapi juga di kawasan pesisir pantai," pungkasnya.

Anies mengatakan, tanggung jawab lainnya para petugas adalah menjamin keselamatan warga. Tidak boleh ada orang yang jadi korban karena peristiwa banjir.

"Memastikan seluruh warga selamat. tanggung jawab kita memastikan seluruh semua selamat jangan ada korban," pungkasnya.

Baca Juga: Anies Klaim Drainase Jakarta Bisa Tampung 100 mm Curah Hujan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar